Lokasi KPM DDR, 15 Juli 2021. Semakin ganasnya penyebaran Covid-19 tidak menyurutkan langkah peserta KPM DDR Kelompok 52. Para mahasiswa sangat semangat dan antusias mengabdi untuk masyarakat. Beraneka ragam kegiatan mereka lakukan di hari kesebelas ini. Mulai dari rutinitas mengajar di TPA, memberikan bimbingan belajar daring dan luring, belajar membuat keripik tempe, belajar membuat kawasan rumah pangan lestasi, hingga penyiapan desa wisata. Simak cerita lengkap keseruan aksi mereka di bawah ini.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Setoran Hafalan Doa sehari-hari. Alhamdulillah KPM DDR hari 11 berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak TPQ meghafal satu persatu lalu disetorkanan kesaya. Secara bergantian sampai selsai sekiranya harapan. Anak-anak yang sudah setoran langsung tadarus minimal satu lembar. Kemudian setelah semua selsai baru penutupan. seperti biasa bersama sama anak anak. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah mengamati proses pembuatan adonan dan pengisian adonan di plastik sebelum di rebus. KPM pada hari ini di isi dengan mengamati proses pembuatan adonan dan pengisian adonan di plastik sebelum di rebus pada jam 09:00-11-00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 78%. Kendala utamanya adalah keterbatasan waktu kunjungan.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Kerja bakti sekaligus penaburan bibit ikan pada mina padi bersama dinas pertanian di Wisata Sawah Lungguh, dan mengaji disertai hafalan bacaan sholat bersama anak-anak. Kerja bakti sekaligus penaburan bibit ikan pada mina padi bersama dinas pertanian di Wisata Sawah Lungguh (08.00-12.30)
Mengaji disertai hafalan bacaan sholat bersama anak-anak (18.00-19.00). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah Anak-anak masih belum bisa mentaati protokol kesehatan, mereka tidak memakai masker dengan alasan karena sehabis solat dan sudah malam.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Percobaan membuat label keripik tempe dan mengajar TPQ di mushola Ar Rohimun Belotan. Sekitar pukul 08.00 WIB saya mencoba membuat label yang akan digunakan untuk kemasan keripik tempe. Dan pada pukul 15.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB saya dan teman-teman KPM DDR 2021 melakukan kegiatan mengajar TPQ anak-anak sekitar mushola Ar Rohimun Belotan. Jumlah murid TPQ pada pertemuan kali ini berjumlahkan 7 anak, 3 jumlah anak laki-laki dan 4 jumlah anak perempuan. Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini yaitu mengenai rukun iman dan rukun Islam serta menghafalkan surah At-Takatsur ayat 1 sampai 3. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Karena masih pemula saya masih merasa bingung dalam pembuatan label untuk keripik tempe.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Bimbingan Membaca Al-Qur’an dan Musyawarah karang Taruna. Pada hari kesebelas KPM DDR ini saya melakukan Bimbingan Membaca Al-Qur’an seperti hari-hari biasanya kepada anak-anak disekitar tempat tinggal saya, kegiatan ini kami laksanakan dimushola yang rutin kami laksanakan setelah sholat maghrib sampai adzan Isya’ berkumandang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bacaan anak-anak menjadi lebih baik sesuai dengan makharijul huruf dan tajwidnya. Setelah itu saya mengikuti musyawarah karang taruna dalam rangka menyambut hari raya Kurban, dimana dalam rapat tersebut mendiskusikan mengenai tempat penyembelihan kurban serta pembagian tugas-tugas bagi panitia kurban. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah membuat media tanaman, memindah tanaman sawi, storbery. di pagi hari kita langsung menuju ke tempat KWT ibu disana kita langsung di tunjukan cara membuat media tanaman strobery, sawi, daun bawang disana juga di kasih tau bagamana cara merawat tahap awal sampek tahap akhir di mulai jam 08:10-10:15 dan di lanjut istirahat bersama. dan pada sore hari kita juga ikut dengan warga ke peternakan ayam petarung yang mana di sana kita juga di ajari bagaimana cara merawat ayam, ngasih jamu herbal.dan memisahkan ayam yang sudah siap di jual jam 15:00-17:15. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah kurangnya tempat kandang yang luas.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mengajar TPA/TPQ bersama santri-santri Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melakukan kegiatan mengajar TPA/TPQ di Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan, selain santri-santri membaca IQRO’ dan Al-Qur’an, santri juga belajar menghafal surat At-Takatsur ayat demi ayat, anak-anak pun bersemangat dalam menghafal surat dengan menirukan bersama-sama, selain itu anak-anak juga belajar tentang rukun Iman dan rukun Islam, anak-anak sangat bersemangat. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 15.00-15.40 WIB. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Anak-anak masih belum memperhatikan panjang pendek ayat.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Menjaga unit Warung Telekomunikasi (wartel). Melayani santri telepon kepada wali atau orang tua. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Unit telepon yang terbatas.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mendampingi anak sekolah online via zoom, mendampingi mengerjakan tugas dan membuat kartu mengaji /hafalan. Mulai minggu ini SD di dekat rumah sudah mulai masuk ajaran baru, tetapi dengan kondisi saat ini masih dalam PPKM oleh karena itu, sekolah dilaksanakan secara online yakni via zoom. seperti yang dilakukan pada pagi tadi, guru kelas 5 SD menggunakan zoom untuk memberikan penjelasan materi dan memberikan tugas yang pada hari ini mata pelajarannya bahasa Indonesia mengenai gagasan pokok, pukul 10.00-11.00. Sore harinya, membuat design kartu mengaji untuk anak-anak sebab yang sebelumnya tidak ada kartunya sehingga anak sering lupa sudah sampai mana mengajinya, pukul 15.30-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Ruko tempat mencetak kartu tutup sehingga harus kembali lagi besuk.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Hari ke 15 KPM DDR dengan progam kerja yakni Tahsin Qiroatul Qur’an tahap akhir. Hari ke 3 dalam progam Tahsin Qiroatul ini sudah beradda di tahap akhir progam dengan maksut kita akan memberikan waktu agar para santriwati mempunyai kesempatan untuk memaksimalkan daya upayanya guna membenahi tingkat kemapuan dalam membaca, melancarkan qiroatul qur’annya, nantinya dalam beberapa minggu kedepan akan kita simak bersama bagaima tingkat pencapaian kerja keras dan usaha para santriwatii dalam membenahi serta melancarkan bacaan dan pelafatan qiroatul qur’an dalam setiap individunya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah cuaca sore ini di pondok kai agak tidak bersahabat yaki mendung dan sedikit gerimis cuman hujan gerimisnya seperti angin yang lewat sebentar saja akan tetapi tidak menghilangkan semangat juang dalam berlatih qiroah tahsin al qur’an.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mengajar TPQ. Kegiatan hari ini mulai pukul 16.00 saya mengajar siswa siswi TPQ. Saya mengajar kelompok B dengan materi pembelajaran membaca Al Qur’an dan menulis. Banyak siswa yang sangat antusias tapi tidak semuanya serius. Ada beberapa anak yang masih ramai. Sebelum memulai pembelajaran saya memberikan handsainitaizer kepada siswa siswi dan mengingatkan untuk menaati prokes. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Terdapat anak yang ramai.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Membantu memberikan Sosialisasi kepada anggota pramuka yang dalam perjalan dalm rangka penempuhan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan di di laksanakan di sekitar persawahan sekitar badegan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Waktu terlalu larut karena sosialisasi agak lama.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Kegiatan TPQ. Kegiatan TPQ dilaksanakan 4 hari seminggu pada hari senin sampai kamis dengan jumlah murid sebanyak 25 dan selain mengaji pada hari ini ada materi tambahan berupa praktek berwudu. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ada keterlambatan datang para peserta guru KPM.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah kegiatan piket bersih bersih di kelompok wanita tani bersemi dan kegiatan rutinan maulid al-barjanzi bersama remaja masjid al- karim di desa mojorejo jetis ponorogo. kegiatan piket bersih bersih di kelompok wanita tani pada pukul 07.00 – 09.00 dan pukul 19.30 – 22.00 kegiatan rutinan maulid al-barjanzi bersama remaja masjid al- karim di desa mojorejo jetis ponorogo. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Sebagian anak pada saat kegiatan maulid al-barjanzi tidak memakai masker akan tetapi kehadiran hanya di hadiri teman teman 1 dusun yang jumlahnya sedikit.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Membuat dekor. Pembuatan dekor untuk acara khotaman al-qur’an. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 20%. Kendala utamanya adalah Tempatnya kurang luas.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Seminar. Seminar ubudiah tentang sholat jama’ qoshor yang di ikuti seluruh santri yang masih madrasah. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Sebagian tidak hadir.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah 1. Pendampingan belajar; 2. Tpa. 1. Pendampingan belajar pada anak-anak kelas 3 Sd dengan materi tema 1 yang membahas tentang ciri-ciri makhluk hidup serta membaca dan juga menjawab soal yang telah dipelajari tersebut mulai pukul 09.00 s.d 11.00. 2. Tpa dengan mengajarkan tentang gerakkan sholat serta do’a sehari-hari. Selanjutnya membaca iqro’ dan melanjutkan menulis arab atau menulis apa yang telah sebelumnya dibaca. Dan juga mengenalkan kepada anak-anak tentang berhitung memamakai bahasa arab mulai pukul 14.00 s.d 16.20. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Medianya kurang memadai.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Berjemur. Hari ini saya masih menjalani isoman dirumah. Dan saya masih menjalankan apa yang disarankan oleh dokter seperti berjemur, makan banyak buah, minum banyak air dan lain-lain. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Masih menjalani isoman dirumah.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mengajar di TPA Nurul Huda Sayutan. Mengajar di TPA Nurul Huda Tenggar desa Sayutan, pada jam 13.00-14.15. Sebenarnya hari kamis jam 15.00-16.30 adalah jadwal mengajar di TPA masjid Jariyah Sayutan namun ada kabar jika rumah terdekat masjid tersebut terpapar covid, maka dengan demikian ngaji sore di sana kami liburkan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah Keadaan pandemi yang belum membaik.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Pendampingan belajar dan praktek gerakan sholat. 09.00-11.00 pendampingan belajar pada anak-anak mata pelajaran tema 1, mulai dari pendampingan membaca, mengeja, menulis dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan dari bapak ibu guru. 14.00-16.20 praktek gerakan sholat, mulai dari takbiratul ihram lalu sedekap, membaca doa iftitah, alfatihah dan surat pendek. Membetulkan bacaan yang belum benar, serta gerakan sholat yang masih kurang benar. Menghafalkan beberapa surat pendek dan membenarkan tajwidnya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Media kurang mendukung.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah 1. Membuat media tanam di tempat KWT; 2. Mencari contoh artikel. Kegiatan hari ini dimulai pada pukul 07.15 yaitu pembuatan media tanam di KWT desa Mojorejo, media tanam tersebut akan digunakan untuk menanam bibit sawi yang sudah tumbuh dan siap dipindahkan, selain itu juga menanam strowberry dan bawang pre. Pada malam harinya mencari dan membaca contoh-contoh artikel yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk tugas akhir KPM-DDR. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ketika berangkat menuju lokasi sedikit ada kendala akibat penutupan jalan dan harus mencari jalan lain.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah 1. Bagi-bagi masker; 2. Bimbel. 1. Dengan meningkatnya covid khususnya di daerah ponorogo ini kami mempunyai inisiatif untuk membagikan masker gratis kepada warga sekitar tempat kpm kami. Dengan satu lanhkah ini kami berharap masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan,utamanya kami berikan sosialisasi jika ingin keluar rumah minimal memakai masker. Kami lakukan pukul 09.00-11.00. 2. Bimbel mapel umum dan agama yang diterima saat daring ini kami rasa perlu dibantu karena kami mendengar keluh kesah dari wali murit bahwa mereka kesusahan membelajari anak mereka sendiri. Oleh karena itu kami dengan sukarela membantu anakĀ² kala daring ini ataupun membantu anakĀ² untuk belajar berinteraksi sosial dengan masyarakat seperti cara menanage waktu untuk belajar dan bermain. Kami lakukan pukul 14.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jalan rusak.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Melaksanakan pembangunan madrasah dan TPQ. Alhamdulillah untuk hari ini kegiatan yang saya lakukan adalah membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang saya lakukan setiap hari di pondok. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 99%. Alhamdulillah untuk hari ini berjalan dengan lancar.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *