Lokasi KPM DDR, 7 Juli 2021. Hari ketiga pelaksanaan KPM DDR kelompok 52 di dominasi dengan kegiatan inkulturasi melalui silaturahmi dan observasi. Hal ini dilakukan untuk menemukenali aset apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai modal dalam melaksanakan KPM berbasis Asset Based Community Development (ABCD). Berikut adalah cerita keseruan pelaksanaan KPM DDR hari ketiga mahasiswa kelompok 52.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam


Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Semaan rutinan dimakam salah satu sesepuh didesa Patihan wetan dan melanjutkan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Sebelum fajar menyingsing sudah dibuka kegiatan rutinan yang biasa dilakukan pada hari rabu wage oleh santri PPTQ AL HASAN dimakam salah seorang sesepuh didesa Patihan wetan yaitu makam almagrfulloh mbah sayid ahmad atau yang biasa dikenal dengan mbah ndalem oleh warga Patihan wetan. Dan dilanjutkan dengan kegiatan harian yang bermula pagi dan berlanjut sampai sore hari yaitu membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN Patihan wetan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 95%. Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah 1. berkunjung ke rumah pembuatan opak singkong. 2. berkunjung ke tempat bimbel mapel dan keagamaan. 1. kegiatan berkunjung ke saah satu pembuat opak singkong dari krajan ngrayun sebagai salah satu usaha kreatif masyarakat yang dimulai dari pukul 09.00-11.00. 2. mengunjungi bimbel mapel dan keagamaan milik ibu Asih dimualai pada pukul 13.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah akses jalan yang memerlukan uluran tangan dari dana desa dan pemerintah.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Musyawarah Kelompok. Kegiatan musyawarah kelompok pada pukul 08.30-11.00, dalam musyawarah tersebut membahas tentang jadwal kegiatan KPM-DDR yang akan dilakukan di desa Mojorejo dan membahas ulang tentang proker yang telah dibuat sebelumnya,serta membuat rengrengan anggaran yang akan diperlukan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Aktivitas bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Sowan ke rumah pembuatan opak singkong dan bimbingan belajar. berkunjung ketempat pembuatan opak singkong di salah satu rumah masyarakat untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dalam pembuatan opak singkong dan kendalanya. Yang dilaksanakan pada pukul 09.00-11.00. Berkunjung ketempat salah satu pengajar bimbel dan membicarakan hal-hal yang perlu untuk dibicarakan. Pada pukul 13.00-15.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Minum obat dengan air bioglass. Hari ini saya meminum obat dengan resep yang telah diberikan oleh dokter. Disamping itu saya minum air doa bioglass yang dikasih sama ummi jannah insyaa allah bibarakatil doa beliau penyakit saya akan segera sembuh. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 50%.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Tempat pembuatan opak singkong dan tempat bimbingan belajar. Mengunjungi tempat pembuatan Opak singkong disalah satu masyarakat, untuk menanyakan tentang proses pembuatan, bahan bahan, varian, dan kendala dalam proses pembuatan opak yang terbuat dari singkong pukul 09.00 s.d 11.00. Mengunjungi tempat Bimbingan belajar dirumah ibu Asih untuk menanyakan tentang kegiatan dalam proses mengajar, proses pelaksanaan dan hal lainnya yang berhubungan dalam kegiatan bimbingan belajar tersebut pukul 13.00 s.d 15.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Ro’an dan Khataman. Ro’an bersama seluruh mahasiswa semester 7 yang KPM di PPTQ AL HASAN, yang bertujuan untuk pembangunan Gedung Madrasah Diniyah dan Kamar mandi yang nantinya akan digunakan untuk ngaji dan pertemuan. Dan meneruskan acara khataman Rabu Wage. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Khataman rutinan rabu pahing binadhor di maqam mbah dalem. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk menanankan Cinta al-qur’an. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

SAIFUL BAHRI (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Musyawarah program kerja KKN, pengambilan kaos dan buku panduan KKN secara individu. Musyawarah program kerja KKN, pengambilan kaos dan buku panduan yang dilakukan pada pukul 09.00 – 11.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah jarak tempuh dan kesibukan.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah 1. Mengikuti kegiatan pembangunan gedung madrasah sebagai upaya terciptanya madrasah Al Barokah yang memadai sarana dan prasarana. 2. Mengadakan kegiatan sorogan Al Quran yang di ikuti oleh santri putra. 1. Kegiatan pembangunan madrasah berupa pengecoran tiang bangunan lantai 2 madrasah yang dilaksanakan pukul 07.00 sampai pukul 12.00 yang diikuti oleh santri putra sebagai upaya bakti diri kepada pondok. 2. Kegiatan sorogan Al Quran dilaksanakan pada hari senin sampai sabtu yang diikuti santri putra kelas 1 dan 2 madrasah yang dimulai setelah sholat asyar. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah 1. Kendala pada saat pembangunan adalah kurangnya personel dari teman-teman KPM sehingga memperlambat pengerjaan bangunan. 2. Kendala pada saat sorogan Al Quran adalah kurangnya partisipasi santri putra.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Kajian Qur’an sekaligus ngaji. Diikuti oleh Raja masjid al-muttaqin. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah anggota ada yang tidak hadir.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Izin takmir masjid Al-fattah. Mengajar les private. Pada pukul 16.45 saya izin kepada takmir masjid Al Fattah untuk membersihkan masjid, dan menanyakan hal-hal yang masih kurang di masjid tersebut. Kemudian pada pukul 18.15 mengajar ngaji, menyimak bacaannya, kemudian memberikan penjelasan mengenai yang salah, seperti dalam tajwidnya. . Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah kekurangan dimasjid tersebut dalam pembelajaran TPQ nya. Dan mengenai hal ini takmir menyuruh untuk tanya kepada pengurus TPQ, yang mana pada hari ini setelah dari rumah takmir ke rumah pengurus TPQ belum ketemu orangnya, sedang keluar.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Hari kedua penambahan jam tambahan untuk materi kepramukaan penggalang. Hari ini tepat hari rabu tanggal 07 bulan July 2021 , hari kedua dalam pelaksanaan KPM DDR. Disini jam tambahan dalam materi kepramukaan bagi penggalang di laksanakan pada jam 15.30 sampai 16.45 disini mereka diberi wawasan tentang berbagai macam kepramukan, cara membedakaan istilah istilah antara pramuka, keprmukaan dan berpramuka. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 45%. Kendala utamanya adalah para peserta didik masih kesulitan dalam memahami istilah yang di jelaskan mendalam.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Mengambil kaos KPM dan Survey ke tempat Usaha sabun cuci piring. Pergi survey dan sedikit wawancara ke tempat usaha pembuatan sabun cuci piring, karena pemilik usahanya tidak ada maka mengambil kaos dan buku pedoman KPM yang sudah dibawa oleh teman satu kelompok pada pukul 11.00-12.00. Kegiatan kedua yakni kembali lagi ke tempat usaha pembuatan sabun cuci piring pukul 16.30-17.30 dengan sedikit wawancara dasar, menyinggung awal terbentuknya usaha hingga proses produksi, pengelolaan dan pemasaran yang telah dilakukan. tetapi masih informasi dasar. karena kemarin sudah membuat dan masih memiliki stock yang cukup dan belum dipasarkan jadi tidak bisa melihat secara langsung proses pembuatannya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah pemilik usahanya belum menjelaskan secara detailnya sehingga masih menggantung informasi yang didapatkan. selain itu, pemilik usaha cukup sibuk dan sedikit sulit untuk bertemu.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melayani santri di Unit Simpan dan Pertelekomunikasian PP. Darul Huda Mayak. Melayani santri PP. Darul Huda dalam menabung guna meningkatkan kesadaran santri dalam menabung serta penerapan hidup sederhana dan tidak boros dalam mengatur keuangan selama dipondok. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah santri cenderung boros dalam mengatur keuangannya, rendahnya minat menabung.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melakukan kerja bakti dilingkungan Mushola Ar-rohimun Belotan, sholat berjamaah, dan mengajar TPA TPQ santri-santri di Mushola Ar-Rohimun. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan Mushola Ar-rohimun Belotan sebelum digunakan untuk beribadah sholat berjamaah dan mengaji santri-santri, yang dimulai pukul 14.00-14.45, selanjutnya sholat ashar berjamaah dengan warga sekitar sekaligus santri-santri TPA/TPQ dan dilanjutkan dengan mengajar santri-santri TPA/TPQ di mushola Ar-Rohimun yang diikuti oleh 10 santrinya yang dimulai pukul 15.10-selesai. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah kurang terkondisikan suasana santri-santri TPA/TPQ yang ramai dan bermain sendiri.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Musyawarah dan evaluasi progam kerja KPM di dukuh Bantengan jetis ponorogo dan pengambilan atribut KPM di gedung LPPM. Musyawarah dan evaluasi progam kerja KPM di dukuh Bantengan jetis ponorogo, dan pengambilan atribut KPM di gedung LPPM 09-11. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah menunggu peserta KPM untuk pengambilan atribut secara individu sangat lah lama.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melakukan simaan Al-Qur’an setelah sholat Maghrib. Sudah menjadi kebiasaan di lingkungan rumah saya untuk melaksanakan sholat berjamaah di mushola, khususnya pada waktu sholat magrib. Setelah sholat Maghrib selesai, biasanya para jamaah mentadarus Al-Qur’an. Namun permasalahan yang terjadi adalah masih banyak anak-anak yang tidak mau untuk belajar Al-Qur’an. Salah satu penyebabnya karena jarang adanya pendidik/ ustadz yang menyimak bacaan mereka. Oleh sebab itu, saya berusaha untuk selalu meluangkan waktu sehabis maghrib untuk menyimak serta mendampingi para anak-anak agar mereka selalu semangat serta dapat memperbaiki bacaan mereka. Hal itu biasanya kami laksanakan mulai habis maghrib sampai adzan Isya’ berkumandang. Saya berharap dengan adanya simaan Al-Qur’an ini mampu menambah rasa cinta mereka kepada Al-Qur’an dan dapat memakmurkan mushola. Aamiiin🤲🏻. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah letak rumah yang jauh dari mushola membuat beberapa anak kurang berminat untuk mengikuti Simaan Al-Qur’an.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melakukan Kerja Bakti perdana di sekitar mushola Ar Rohimun Belotan dan Mengajar TPA perdana di mushola Ar Rohimun Belotan. Pada pukul 14.00 saya dan teman-teman KPM DDR 2021 melakukan kegiatan kerja bakti perdana membersihkan mushola Ar Rohimun sebelum hendak digunakan santri untuk TPA dan sholat berjama’ah. Dilanjutkan pada pukul 15.00 saya dan teman-teman KPM DDR 2021 mengajar TPA perdana di mushola Ar Rohimun Belotan dengan jumlah 10 santri, diantaranya 5 santri laki-laki dan 5 santri perempuan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Masih banyaksantri yang mengaji tidak serius ketika TPA sedang berlangsung.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Bimbingan belajar fokus baca dan belajar pelajaran anak SD. Bimbingan belajar fokus baca pada anak yang kurang lancar dalam membaca (09.00- 11.30). Bimbingan belajar pelajaran pada anak SD (12.30-14.25). Diskusi bersama ibu ketua Kelompok Wanita Tani membahas mengenai proses penanaman sayur dan kegiatan yang akan dilakukan besok untuk kerja bakti (15.40-16. 25) . Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah terdapat banyak dokumentasi yang tidak bisa didapatkan, khususnya dalam diskusi karena mendadak dan tidak membawa HP.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah pengambilan kaos KPM, kelas speaking english online . pada hari ke 3 KPM kegiatan di isi dengan pengambilan kaos di Ruang LPPM pada jam 9:15- 11:00, selanjutnya mengikuti kelas speaking english online pada jam 12.00-14.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah dalam pengambilan kaos harus antri sesuai jadwal dan harus ada komunikasiyang jelas dengan anggota kelompok KPM-52 dalam pendistribusian kaos KPM, sedangkan dalam kelas speaking online dibutukan jaringan internet yang stabil.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Mengambil kaos kpm, survei ke kebun singkong dari pukul 07.00-09.30, mengajar belajar anak di lingkungan sekitar 16.00-17.00. Kebun singkong selain ada singkong juga terdapat tanaman pepaya & tanaman jeruk , mengamati tanaman singkong yang tumbuh begitu subur dan tanaman nya yang ada di kebun tumbuh dengan subur, mengambil atribut Kpm, mengajar belajar anak di lingkungan sekitar. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah karena musim pandemi covid jadi mengajar belajar anak di lingkungan sekitar tidak bisa banyak- banyak.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *