Pengabdian kepada masyarakat terintegrasi merupakan salah satu skema pengabdian yang dibiayai oleh Kementerian Agama melalui Dirjen Diktis. Berdasarkan seleksi yang ketat, melalui desk evaluasi dan juga presentasi, ditetapkan beberapa pengusul yang dinyatakan lolos untuk mendapat bantuan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu pengusul yang berhasil lolos adalah Edi Irawan, M.Pd. dengan judul kegiatan pengabdian “Akselerasi Pemenuhan Layanan Informasi Online Pada Madrasah Swasta di Kabupaten Ponorogo Melalui P3K (Penyediaan, Pelatihan, Pendampingan, dan Kompetisi)”.

“Pelatihan ini merupakan tindak lanjut dari serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat kami. Sebelumnya, masing-masing madrasah telah kami fasilitasi pembelian domain dan hostingnya. Hari ini mereka kami latih untuk mengisi dan mengelola websitenya tersebut” terang Edi Irawan.

Pelatihan yang dilaksanakan di Maesa Hotel Ponorogo tersebut dimulai dari pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 18.00 WIB. Materi yang disajikan meliputi dua hal, yakni terkait optimalisasi pemanfaatan website madrasah dan terkait teknik penulisan berita dan feature. Materi pertama disajikan untuk memandu para operator madrasah untuk mengisi dan mengelola website masing-masing. Pada materi kedua dikupas tentang teknik penyusunan berita, usnur-unsur berita, teknik membuat judul, dan teknik membuat feature.

“Kedepan akan kami kompetisikan website antar madrasah dampingan ini. Semoga mampu memantik madrasah untuk mengejar ketertinggalan madrasah di dunia teknologi informasi dan komunikasi” pungkas Dosen Matematika ini.

Unduh materi pelatihan di Buku Panduan Pelatihan (Admin)


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *