Model Pengabdian Berbasis Kompetisi

Pengabdian merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang kerap kali dikesampingan. Memang secara langsung tidak berimplikasi pada dosen sebagai pelaksana pengabdian. Juga tidak ada tuntutan luaran berupa jurnal layaknya penelitian. Tidak ada juga standarisasi pengabdian kepada masyarakat. Karenanya, pengabdian menjadi tidak terlalu populer.

Pengabdian masyarakat sesungguhnya merupakan bentuk dharma bakti nyata dan langsung kepada masyarakat. Hasil penelitian yang ideal dengan visi setinggi langit perlu digunakan untuk mensejahterakan masyarakat. Tentu sesuai dengan keahlian yang kita miliki masing-masing.

Buku ini lahir dari ide yang sudah penulis tuangkan dan aplikasikan, yaitu pengabdian kepada masyarakat berbasis kompetisi. Pengabdian yang di kombinasikan dengan kompetisi antar dampingan.

Terdapat empat tahapan kegiatan pada pengabdian kepada masyarakat berbasis kompetisi. Kesatu, planning atau perencanaan. Pada tahap ini tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat bersama masyarakat dampingan menyusun rencana bentuk kegiatan pemberdayaan secara bersama-sama. Kedua, tahap doing atau pelaksanaan. Pada tahap ini tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat bersama masyarakat dampingan melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya. Ketiga, kompetisi atau perlombaan. Pada tahap ketiga ini dilakukan perlombaan antar subjek dampingan berdasarkan parameter tertentu yang telah ditetapkan bersama. Keempat, apresiasi atau penghargaan. Pada tahap terakhir ini, subjek dampingan yang paling baik–sesuai dengan kriteria kompetisi yang telah dilakukan sebelumnya–diberikan apresiasi atau penghargaan.

Buku ini juga dilengkapi dengan uraian mengenai berbagai pendekatan pemberdayaan masyarakat, mulai dari PRA, RRA, SL, hingga ABCD. Masing-masing disebutkan tahapan, kelebihan, kekuarangan, dan perbedaannya. Selain itu, Buku ini juga dilengkapi dengan contoh best practice yang telah penulis lakukan.

Sebagai penutup buku, disajikan berbagai potensi luaran yang sangat bermanfaat bagi dosen, mulai dari buku, artikel pada jurnal, oral presentasi pada seminar nasional atau internasional, HKI (hak kekayaan intelektual) dan lain sebagainya. Jika penasaran, Anda dapat memiliki buku ini dengan murah di sini.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Menghitung Selisih Hari, Bulan, dan Tahun Menggunakan Excel

Excel Mania | 17 September 2018. Microsoft Excel memiliki beragam fungsi yang terkadang kita saja yang tidak tahu cara menggunakannya. Termasuk halnya dengan fungsi untuk mencari selisih tanggal, bulan, atau tahun. Misalkan, suatu ketika ada data mahasiswa masuk per tanggal 1 September 2014, kemudian yang bersangkutan lulus pada tanggal 12 Oktober 2018, terkadang kita dibuat pusing jika harus mencari manual. Kalau yang dicari hanya satu dua orang saja tidak ada masalah. Tetapi jika yang dicari lebih dari sepuluh, seratus, atau bahkan seribu, tentu akan menjadi sebuah masalah. Berdasarkan hasil googling, ketemu rumus “DATEDIF” yang bisa digunakan untuk mencari selisih tanggal, bulan atau hari.

Google Classroom: Mudah, Praktis, dan Gratis

Nawariide News | Ponorogo, 8 Agustus 2019. Pagi itu, suasana ruang rapat FATIK IAIN Ponorogo terlihat sangat santai tapi serius. Sekira 25 orang Dosen FATIK antusias mengikuti diskusi. Diskusi rutin mingguan pada saat itu membahas sebuah aplikasi sederhana dari Google yang bernama Classroom. Meskipun sederhana, aplikasi tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran Daring (dalam jaringan). Sebuah pembelajaran yang menjadi song of the day. Pembelajaran yang memanfaatkan pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya Internet. Pembelajaran kekinian yang diyakini paling relevan untuk saat ini.

Kesederhanaan Google Classroom justru menjadi kelebihannya. Mulai dari pembuatan akun yang sangat mudah, baik untuk pengajar (dosen/guru/tutor) maupun untuk pembelajar (mahasiswa/siswa). Cukup dengan memasukkan alamat email, akun langsung jadi. Profil user pada Classroom langsung tersingkronisasi dengan profil email kita. Satu akun bisa multi fungsi. Di satu sisi sebagai pembelajar dan di sisi lain sebagai pengajar. Bahkan untuk jumlah kelas yang banyak, dalam satu akun.

Apa saja yang bisa dilakukan di Google Classroom?

Dengan Classroom, pengajar dapat membuat kelas, mendistribusikan tugas, memberi nilai, mengirim masukan, dan melihat semuanya di satu tempat. Classroom membantu pengajar dan pembelajar mengorganisir tugas, meningkatkan kolaborasi, dan menumbuhkan komunikasi yang lebih baik. Pengajar juga dapat melacak progres siswa untuk mengetahui di mana dan kapan harus memberikan masukan tambahan.

Lantas apa saja kelebihan Google Classroom?

Pertama, akun Google Classroom dapat dibuat dengan singkat, mudah, gratis. Syaratnya, user harus punya email dari Google (Gmail). Kalau pun belum punya, bisa buat email dari Gmail dulu dengan sangat mudah juga.

Kedua, pemberian materi kuliah dengan cepat. Melalui menu Tugas Kelas atau Classwork, Pengajar dapat mengubggaj seluruh bahan ajar. Bahkan pengajar kelas paralel dapat merasakan efisiensi dengan Google Classroom, karena dapat mengunggah materi sekali untuk beberapa kelas sekaligus.

Ketiga, notifikasi secara real time. Kelebihan Google Classroom lainnya adalah fasilitas notifikasi melalui email secara real time. Misalnya seorang Dosen memberikan materi kuliah, tugas, dan kuis, maka seluruh siswa akan mendapatkan pemberitahuan saat itu juga melalui email. Demikian halnya dengan apabila siswa sudah mengirimkan tugas, saat itu juga Pengajar mendapatkan pemberitahuan bahwa mahasiswa nya sudah menyerahkan tugas.

Keempat, pemberian dan penyelesaian tugas, kuis, dan soal ujian dengan cepat, praktis, hemat. Karenanya, pemberian tugas, pelaksanaan kuis bahkan ujian dapat dilakukan secara paper less sehingga lebih efisien. Demikian halnya dengan para pembelajar, tidak perlu cetak tugas, pengumpulan tugas dapat dilakukan di mana saja, tidak harus menemui pengajarnya.

Kelima, fasilitas skoring yang mudah dan praktis. Google Classroom juga dilengkapi dengan fasilitas pemberian skor terhadap kuis atau tugas. Bahkan untuk soal pilihan ganda, dengan memanfaatkan Google Formulir yang juga terintegrasi pada Google Classroom, langsung memberikan koreksi dan update skor secara otomatis pula. Baik informasi skor kepada pengajar maupun kepada pembelajar. Google Classroom juga memanjakan pra pengajar, karena daftar nilai masing-masing siswa sudah tertata dan tersimpan otomatis.

Keenam, memungkinkan adanya diskusi secara online. Karenanya, kegiatan diskusi tidak harus selalu di kelas. Pembelajaran menggunakan bantuan Google Classroom memungkinkan pemberian tugas diskusi tanpa harus saling bertemu. Baik diskusi klasikal maupun kelompok.

Ketujuh, Google Classroom terintegrasi dengan berbagai aplikasi penunjang lainnya seperti Google Drive untuk penyimpanan file, Google Formulir Untuk angket, kuis, dan ujian, YouTube, dan lain-lain. Hal ini akan memudahkan para Pengajar.

Kedelapan, adanya fasilitas kalender. Fasilitas ini dapat digunakan untuk melihat daftar tugas, kuis, dan nilai menurut waktunya.

Setelah menyimak berbagai kelebihan di atas, silakan menentukan pilihan dalam menggunakan LMS (Learning Managemen System). Jika tertarik menggunakan Google Classroom, langsung klik di sini.

Tutorial Google Classroom Bagi Guru/Dosen

Tutorial Google Classroom Bagi Siswa/Mahasiswa

Membangun Madrasah Menuju Revolusi Industri 4.0

Alhamdulillah telah terbit artikel saya di Jurnal E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat pada Vol 10, No 2 (2019). Artikel ini bercerita tentang pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dengan segmentasi Madrasah Aliyah di Kabupaten Ponorogo dalam rangka menyambut era revolusi industri 4.0. Hadirnya revolusi industri 4.0 harus disikapi dan dipersiapkan dengan sangat baik, termasuk halnya oleh madrasah. Peluang yang ada justru harus dijadikan pelecut semangat untuk berbenah dan berinovasi agar madrasah semakin maju dan berkembang. Kenyataan yang ada, jangankan untuk menghadapi revolusi industri 4.0, keberadaan website sebagai sarana informasi resmi saja belum ada. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupaya memberikan solusi bagi madrasah swasta di Kabupaten Ponorogo yang belum memiliki website.

Kami menggunakan pendekatan participatory action research dalam melaksanakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Secara teknis, dilakukan melalui lima tahapan pengabdian berbasis kompetisi yang meliputi persiapan, pelatihan, pendampingan, kompetisi, dan apresiasi. Hasil nyata kegiatan pengabdian ini adalah keberadaan website resmi madrasah dampingan. Seluruh website tersebut selanjutnya dilakukan kompetisi antar madrasah dampingan dengan beberapa kategori perlombaan. Madrasah dengan website terbaik pada masing-masing kategori diumumkan dan diberikan apresiasi pada kegiatan abdimas award. Indikator lain keberhasilan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah hasil umpan balik dari Kepala Madrasah dampingan. Sebanyak 94% madrasah menyatakan bahwa secara umum pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana dengan sangat baik.

Terima kasih kami ucapkan kepada Dirjen Pendis Kementeraian Agama RI atas dukungan penuhnya terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor dan LPPM IAIN Ponorogo yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Selain itu, ucapakan terima kasih juga kami sampaikan kepada para madrasah dampingan yang bersedia menjadi mitra kerja sama kegiatan ini..

Selamat membaca. Mohon masukannya.

Baca artikel lengkap di sini atau klik DOI: http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3229

Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan

Sumber: Google Book

Alhamdulillah buku dengan judul “Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan” telah terbit. Buku ini merupakan buah dari refleksi penulis yang telah mendapatkan hibah penelitian pengembangan dari Kemenristekdikti (sekarang Kemendikbud). Buku ini mengupas tentang pentingya penelitia pengembangan, berbagai model penelitian pengembangan, dan contoh proposal penelitian pengembangan yang telah berhasil didanai. Buku yang diterbitkan oleh Deepublish ini memiliki tebal 148 halaman.

Buku ini hadir secara khusus untuk memberikan inspirasi bagi para mahasiswa, dosen muda, dan para peneliti pemula pada khususnya, untuk segera membumikan ide-ide kreatifnya, segera mengadakan berbagai penelitian. Salah satunya adalah penelitian pengembangan yang memang secara khusus diprioritaskan untuk memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada.

Buku ini dilengkapi dengan kajian teoretis, untuk menambah wawasan pembaca tentang penelitian pengembangan, utamanya di bidang pendidikan. Selain itu, pembaca juga disuguhkan dengan contoh-contoh konkret bagaimana menemukan ide dan menyusunnya dalam sebuah proposal penelitian. Kemudian, segera dilakukan pengembangan berbagai hal dan berakhir pada terpublikasikannya pada berbagai sarana publikasi ilmiah seperti prosiding, buku, dan atau jurnal. Buku Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan ini diterbitkan oleh penerbit Deepublish dan tersedia juga versi cetaknya.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

#11 – TPA, Bimbel, KRPL, Hingga Penyiapan Desa Wisata

Lokasi KPM DDR, 15 Juli 2021. Semakin ganasnya penyebaran Covid-19 tidak menyurutkan langkah peserta KPM DDR Kelompok 52. Para mahasiswa sangat semangat dan antusias mengabdi untuk masyarakat. Beraneka ragam kegiatan mereka lakukan di hari kesebelas ini. Mulai dari rutinitas mengajar di TPA, memberikan bimbingan belajar daring dan luring, belajar membuat keripik tempe, belajar membuat kawasan rumah pangan lestasi, hingga penyiapan desa wisata. Simak cerita lengkap keseruan aksi mereka di bawah ini.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Setoran Hafalan Doa sehari-hari. Alhamdulillah KPM DDR hari 11 berjalan dengan baik dan lancar. Anak-anak TPQ meghafal satu persatu lalu disetorkanan kesaya. Secara bergantian sampai selsai sekiranya harapan. Anak-anak yang sudah setoran langsung tadarus minimal satu lembar. Kemudian setelah semua selsai baru penutupan. seperti biasa bersama sama anak anak. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah mengamati proses pembuatan adonan dan pengisian adonan di plastik sebelum di rebus. KPM pada hari ini di isi dengan mengamati proses pembuatan adonan dan pengisian adonan di plastik sebelum di rebus pada jam 09:00-11-00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 78%. Kendala utamanya adalah keterbatasan waktu kunjungan.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Kerja bakti sekaligus penaburan bibit ikan pada mina padi bersama dinas pertanian di Wisata Sawah Lungguh, dan mengaji disertai hafalan bacaan sholat bersama anak-anak. Kerja bakti sekaligus penaburan bibit ikan pada mina padi bersama dinas pertanian di Wisata Sawah Lungguh (08.00-12.30)
Mengaji disertai hafalan bacaan sholat bersama anak-anak (18.00-19.00). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah Anak-anak masih belum bisa mentaati protokol kesehatan, mereka tidak memakai masker dengan alasan karena sehabis solat dan sudah malam.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Percobaan membuat label keripik tempe dan mengajar TPQ di mushola Ar Rohimun Belotan. Sekitar pukul 08.00 WIB saya mencoba membuat label yang akan digunakan untuk kemasan keripik tempe. Dan pada pukul 15.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB saya dan teman-teman KPM DDR 2021 melakukan kegiatan mengajar TPQ anak-anak sekitar mushola Ar Rohimun Belotan. Jumlah murid TPQ pada pertemuan kali ini berjumlahkan 7 anak, 3 jumlah anak laki-laki dan 4 jumlah anak perempuan. Materi yang disampaikan pada pertemuan kali ini yaitu mengenai rukun iman dan rukun Islam serta menghafalkan surah At-Takatsur ayat 1 sampai 3. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Karena masih pemula saya masih merasa bingung dalam pembuatan label untuk keripik tempe.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Bimbingan Membaca Al-Qur’an dan Musyawarah karang Taruna. Pada hari kesebelas KPM DDR ini saya melakukan Bimbingan Membaca Al-Qur’an seperti hari-hari biasanya kepada anak-anak disekitar tempat tinggal saya, kegiatan ini kami laksanakan dimushola yang rutin kami laksanakan setelah sholat maghrib sampai adzan Isya’ berkumandang. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bacaan anak-anak menjadi lebih baik sesuai dengan makharijul huruf dan tajwidnya. Setelah itu saya mengikuti musyawarah karang taruna dalam rangka menyambut hari raya Kurban, dimana dalam rapat tersebut mendiskusikan mengenai tempat penyembelihan kurban serta pembagian tugas-tugas bagi panitia kurban. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah membuat media tanaman, memindah tanaman sawi, storbery. di pagi hari kita langsung menuju ke tempat KWT ibu disana kita langsung di tunjukan cara membuat media tanaman strobery, sawi, daun bawang disana juga di kasih tau bagamana cara merawat tahap awal sampek tahap akhir di mulai jam 08:10-10:15 dan di lanjut istirahat bersama. dan pada sore hari kita juga ikut dengan warga ke peternakan ayam petarung yang mana di sana kita juga di ajari bagaimana cara merawat ayam, ngasih jamu herbal.dan memisahkan ayam yang sudah siap di jual jam 15:00-17:15. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah kurangnya tempat kandang yang luas.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mengajar TPA/TPQ bersama santri-santri Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melakukan kegiatan mengajar TPA/TPQ di Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan, selain santri-santri membaca IQRO’ dan Al-Qur’an, santri juga belajar menghafal surat At-Takatsur ayat demi ayat, anak-anak pun bersemangat dalam menghafal surat dengan menirukan bersama-sama, selain itu anak-anak juga belajar tentang rukun Iman dan rukun Islam, anak-anak sangat bersemangat. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 15.00-15.40 WIB. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Anak-anak masih belum memperhatikan panjang pendek ayat.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Menjaga unit Warung Telekomunikasi (wartel). Melayani santri telepon kepada wali atau orang tua. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Unit telepon yang terbatas.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mendampingi anak sekolah online via zoom, mendampingi mengerjakan tugas dan membuat kartu mengaji /hafalan. Mulai minggu ini SD di dekat rumah sudah mulai masuk ajaran baru, tetapi dengan kondisi saat ini masih dalam PPKM oleh karena itu, sekolah dilaksanakan secara online yakni via zoom. seperti yang dilakukan pada pagi tadi, guru kelas 5 SD menggunakan zoom untuk memberikan penjelasan materi dan memberikan tugas yang pada hari ini mata pelajarannya bahasa Indonesia mengenai gagasan pokok, pukul 10.00-11.00. Sore harinya, membuat design kartu mengaji untuk anak-anak sebab yang sebelumnya tidak ada kartunya sehingga anak sering lupa sudah sampai mana mengajinya, pukul 15.30-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Ruko tempat mencetak kartu tutup sehingga harus kembali lagi besuk.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Hari ke 15 KPM DDR dengan progam kerja yakni Tahsin Qiroatul Qur’an tahap akhir. Hari ke 3 dalam progam Tahsin Qiroatul ini sudah beradda di tahap akhir progam dengan maksut kita akan memberikan waktu agar para santriwati mempunyai kesempatan untuk memaksimalkan daya upayanya guna membenahi tingkat kemapuan dalam membaca, melancarkan qiroatul qur’annya, nantinya dalam beberapa minggu kedepan akan kita simak bersama bagaima tingkat pencapaian kerja keras dan usaha para santriwatii dalam membenahi serta melancarkan bacaan dan pelafatan qiroatul qur’an dalam setiap individunya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah cuaca sore ini di pondok kai agak tidak bersahabat yaki mendung dan sedikit gerimis cuman hujan gerimisnya seperti angin yang lewat sebentar saja akan tetapi tidak menghilangkan semangat juang dalam berlatih qiroah tahsin al qur’an.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mengajar TPQ. Kegiatan hari ini mulai pukul 16.00 saya mengajar siswa siswi TPQ. Saya mengajar kelompok B dengan materi pembelajaran membaca Al Qur’an dan menulis. Banyak siswa yang sangat antusias tapi tidak semuanya serius. Ada beberapa anak yang masih ramai. Sebelum memulai pembelajaran saya memberikan handsainitaizer kepada siswa siswi dan mengingatkan untuk menaati prokes. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Terdapat anak yang ramai.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Membantu memberikan Sosialisasi kepada anggota pramuka yang dalam perjalan dalm rangka penempuhan untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan. Kegiatan di di laksanakan di sekitar persawahan sekitar badegan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Waktu terlalu larut karena sosialisasi agak lama.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Kegiatan TPQ. Kegiatan TPQ dilaksanakan 4 hari seminggu pada hari senin sampai kamis dengan jumlah murid sebanyak 25 dan selain mengaji pada hari ini ada materi tambahan berupa praktek berwudu. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ada keterlambatan datang para peserta guru KPM.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah kegiatan piket bersih bersih di kelompok wanita tani bersemi dan kegiatan rutinan maulid al-barjanzi bersama remaja masjid al- karim di desa mojorejo jetis ponorogo. kegiatan piket bersih bersih di kelompok wanita tani pada pukul 07.00 – 09.00 dan pukul 19.30 – 22.00 kegiatan rutinan maulid al-barjanzi bersama remaja masjid al- karim di desa mojorejo jetis ponorogo. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Sebagian anak pada saat kegiatan maulid al-barjanzi tidak memakai masker akan tetapi kehadiran hanya di hadiri teman teman 1 dusun yang jumlahnya sedikit.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Membuat dekor. Pembuatan dekor untuk acara khotaman al-qur’an. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 20%. Kendala utamanya adalah Tempatnya kurang luas.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Seminar. Seminar ubudiah tentang sholat jama’ qoshor yang di ikuti seluruh santri yang masih madrasah. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Sebagian tidak hadir.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah 1. Pendampingan belajar; 2. Tpa. 1. Pendampingan belajar pada anak-anak kelas 3 Sd dengan materi tema 1 yang membahas tentang ciri-ciri makhluk hidup serta membaca dan juga menjawab soal yang telah dipelajari tersebut mulai pukul 09.00 s.d 11.00. 2. Tpa dengan mengajarkan tentang gerakkan sholat serta do’a sehari-hari. Selanjutnya membaca iqro’ dan melanjutkan menulis arab atau menulis apa yang telah sebelumnya dibaca. Dan juga mengenalkan kepada anak-anak tentang berhitung memamakai bahasa arab mulai pukul 14.00 s.d 16.20. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Medianya kurang memadai.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Berjemur. Hari ini saya masih menjalani isoman dirumah. Dan saya masih menjalankan apa yang disarankan oleh dokter seperti berjemur, makan banyak buah, minum banyak air dan lain-lain. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Masih menjalani isoman dirumah.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Mengajar di TPA Nurul Huda Sayutan. Mengajar di TPA Nurul Huda Tenggar desa Sayutan, pada jam 13.00-14.15. Sebenarnya hari kamis jam 15.00-16.30 adalah jadwal mengajar di TPA masjid Jariyah Sayutan namun ada kabar jika rumah terdekat masjid tersebut terpapar covid, maka dengan demikian ngaji sore di sana kami liburkan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah Keadaan pandemi yang belum membaik.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Pendampingan belajar dan praktek gerakan sholat. 09.00-11.00 pendampingan belajar pada anak-anak mata pelajaran tema 1, mulai dari pendampingan membaca, mengeja, menulis dan mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan dari bapak ibu guru. 14.00-16.20 praktek gerakan sholat, mulai dari takbiratul ihram lalu sedekap, membaca doa iftitah, alfatihah dan surat pendek. Membetulkan bacaan yang belum benar, serta gerakan sholat yang masih kurang benar. Menghafalkan beberapa surat pendek dan membenarkan tajwidnya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Media kurang mendukung.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah 1. Membuat media tanam di tempat KWT; 2. Mencari contoh artikel. Kegiatan hari ini dimulai pada pukul 07.15 yaitu pembuatan media tanam di KWT desa Mojorejo, media tanam tersebut akan digunakan untuk menanam bibit sawi yang sudah tumbuh dan siap dipindahkan, selain itu juga menanam strowberry dan bawang pre. Pada malam harinya mencari dan membaca contoh-contoh artikel yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk tugas akhir KPM-DDR. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ketika berangkat menuju lokasi sedikit ada kendala akibat penutupan jalan dan harus mencari jalan lain.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah 1. Bagi-bagi masker; 2. Bimbel. 1. Dengan meningkatnya covid khususnya di daerah ponorogo ini kami mempunyai inisiatif untuk membagikan masker gratis kepada warga sekitar tempat kpm kami. Dengan satu lanhkah ini kami berharap masyarakat bisa mematuhi protokol kesehatan,utamanya kami berikan sosialisasi jika ingin keluar rumah minimal memakai masker. Kami lakukan pukul 09.00-11.00. 2. Bimbel mapel umum dan agama yang diterima saat daring ini kami rasa perlu dibantu karena kami mendengar keluh kesah dari wali murit bahwa mereka kesusahan membelajari anak mereka sendiri. Oleh karena itu kami dengan sukarela membantu anak² kala daring ini ataupun membantu anak² untuk belajar berinteraksi sosial dengan masyarakat seperti cara menanage waktu untuk belajar dan bermain. Kami lakukan pukul 14.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jalan rusak.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesebelas KPM DDR ini adalah Melaksanakan pembangunan madrasah dan TPQ. Alhamdulillah untuk hari ini kegiatan yang saya lakukan adalah membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang saya lakukan setiap hari di pondok. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesebelas ini sebesar 99%. Alhamdulillah untuk hari ini berjalan dengan lancar.

#10 – Mulai Nge-Las, Nge-Les, Hingga Memeras Susu Sapi

Lokasi KPM DDR, 14 Juli 2021. Pekan kedua pelaksanaan KPM DDR diwarnai dengan berbagai cerita mahasiswa. Mulai dari memeras susu sapi, membagikan masker, mengajar TPQ, praktik menggunakan las, membuat opak singkong. Simak keseruan cerita hari kesepuluh mahasiswa KPM DDR Kelompok 52 berikut ini.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Menghafalkan doa Sehari-hari. Alhamdulillah kegiatan KPM DDR hari ini yang ke sepuluh harinya berjalan dengan lancar, seperti biasa anak anak TPQ berwudhu, taati Prokes dan dilanjutkan dengan membuat halaqoh lalu menghafal Doa sebelum Tidur dan Doa Setelah Bangun Tidur, dengan sangat antusias anak anak TPQ menghafalnya lebih cepat Setelah menghafal bersama anak-anak TPQ, Anak-anak langsung mencatat di buku agar bisa dihafalkan setoran satu persatu seperti biasa. Kemudian mereka suruh mengamalkan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 100%.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah mendampingi adek belajar bhs inggris melalui zoom meeting. mendampingi adek belajar bhs inggris melalui zoom meeting pukul 07:00-10:45. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 89%. Kendala utamanya adalah anak cenderung hyperaktif dan sulit untuk memperhatikan gurunya.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Mendampingi belajar online melalui google meet, membantu proses memeras susu sapi perah dan mengaji serta hafalan surat pendek bersama anak-anak. Mendampingi belajar online melalui google meet (08.50-11.15). Membantu proses memeras susu sapi perah sampai mengantar nya ke pengepul (15.10- 16.15). Mengaji serta hafalan surat pendek bersama anak-anak (18.00-19.00). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 99%. Kendala utamanya adalah Belum bisa menjalan kegiatan sesuai dengan program kerja sementara secara maksimal.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Membantu salah satu warga dalam acara tedak siten. Saya dan teman-teman KPM DDR 2021 membantu salah satu warga yang memiliki acara tedak siten. Kegiatan yang kami lakukan yaitu menghiasi kurungan ayam yang akan digunakan untuk mengurungi si bayi. Makna dari kurungan ayam tersebut dilambangkan simbol dunia bagi si anak bayi tersebut. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Kurangnya peralatan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan kinerja dalam menghiasi kurungan ayam.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Pemetaan materi dalam buku saku. Pada hari kesepuluh KPM DDR ini saya melakukan pemetaan ulang terhadap materi-materi yang akan saya cantumkan dalam buku saku. Yang nantinya akan saya bagikan kepada anak-anak Bimbel. Dengan melakukan pemetaan ini materi yang akan tertuang dalam buku saku akan lebih simpel dan semoga anak-anak lebih memahami materi yang ada. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 60%. Kendala utamanya adalah Masih ada beberapa referensi yang belum ketemu.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah hari ini kita mengikuti kegiatan salah satu warga yang membeli sayur dari petani setempat dan di sore hari kita juga mengikuti pembelajaran TPQ kembali dnegan guru TPQ AL KARIM. hari ini mengikuti kegiatan salah satu warga yaitu pembeli sayuran dari petani setempat yang datang ke pembeli tersebut seperti sayu sawi, kangkung, koro yang mana nanti di kirim ke pengepul besar yang di jual di pasar sayur sekitar jam 15:00-17:15.dan pada sore hari kita juga mengikuti kegiatan pembelajaran TPQ seperti biasa sholat magrib dahulu dan lanjut ngaji bersama dan juga di dampingi oleh guru TPQ tersebut di mulai pukul 18:00-20:15. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah kurang nya tenaga kerja untuk kirim sayur ke pengepul besar dan untuk kendala TPQ belum bisa terlasana seperti biasa karena masih PPKM.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Membantu acara 7 bulanan bayi (tedak siten) di salah satu tempat warga sekitar desa Belotan. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 adalah membantu dan mengikuti acara 7 bulanan bayi (tedak siten) disalah satu tempat warga desa Belotan,yang telah dikatakan salah satu sesepuh keluarga tedak siten merupakan adat budaya Jawa sebagai penghormatan yang mana anak menginjakkan kakinya ke tanah,selain itu tedak siten juga diiringi doa-doa dari orangtua dengan harapan agar anak kelak sukses menjalani kehidupannya. Adapun yang saya dan teman-teman lakukan dengan membantu menghias keranjang untuk mengurungi si bayi yang mana digunakan sebagai salah satu susunan acara tedak siten tersebut. Kegiatan ini dilakukan pada pukul 09.30-11.00 WIB. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Sedikit kesulitan dalam menghias karena alat yang digunakan seadanya.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Mencari referensi artikel jurnal pengabdian dan mengaji. Mencari contoh-contoh artikel jurnal pengabdian dengan pendekatan ABCD dan mempelajarinya pukul 10.00-11.30. Tetapi belum semua bisa dipelajari masih disimpan dalam folder. Selain itu, hari juga mengajar mengaji pukul 18.30-19.30 dan sedikit memberikan pengulangan materi tentang mad thabi’i. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 65%. Kendala utamanya adalah Sinyal wifi lemot karena banyak yang menggunakan dan kadang terputus sambungannya.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah hari ke 9 KPM DDR dengan melanjutkan progam kerja Tahsin Qiroatul Quran bagi para santriwati kelas 1 KMI. setelah di tes seluruh para santriwati kelas 1 KMI maka di kelompokkan bagi santriwati yang lancar mengaji dan yang belum lancar mengaji bukan maksut membeda bedakan akan tetapi setelah itu kita akan adakan pendampingan ekstra maksut dikandung agar hasil dari tahsin qiroayul quran ini maksimal dan mencetak generasi islami dan qurani. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 60%. Kendala utamanya adalah alhamdulillah berjalan dengan lancar. pelan tapi pasti agar hasilnya maksimal.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Mengemas bekatul. Mengantar bekatul ke pemesan. Bagi masker kepada anak kecil sekitar. Kegiatan pukul 16.00 adalah mengemas bekatul, packing sampai sekitar menjadi 10 pcs yang mana ditimbang sesuai takarannya. Kemudian setelah selesai mengemas bekatul, mengantarkan 3 pcs bekatul kepada ibu Khusnul yaitu seorang pemesan dari UMKM bekatul tersebut. Kemudian pada pukul 17.15 saya membagikan masker kepada anak-anak disekitar rumah. Mereka terkesan gembira diberikan masker karena motifnya lucu, dan tidak mengurangi esensi dari masker jenis surgical. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Kegiatan bagi masker tidak semua terdokumentasi, karena terdapat anak yang tidak mau di foto.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Liqo atau pertemuan rutian setiap hari rabu di masjid al-muttaqin, kegiatan nya adalah ngaji, qiro, sholawatan dan qultum tentang larangan mendekati Zina. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota rohis Ashabul Kahfi masjid Al-muttaqin. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Yang putra masih belum lengkap.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Pelatihan wellding atau pengelasan. Pelatihan pengelasan diadakan setiap seminggu sekali dengan memanfaatkan alat las yang sudah lama tidak terpakai, kegiatan ini dimulai pukul 08.00 sampai 10.30 dengan 1 kali istirahat, kegiatan yang dilakukan yakni penyambungan 2 plat besi menjadi 1. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Karena listrik sedang padam sehingga harus mengunakan jenset.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah membantu kegiatan satgas covid dalam acara pernikahan micro di desa mojorejo dan kegiatan belajar mengajar di TPQ AL-KARIM desa mojorejo jetis Ponorogo. Turut berpartisipasi mengabdi mengikuti kegiatan satgas covid dalam acara pernikahan yang dilakukan secara micro di desa mojorejo pada pukul 13.30 – 14.30 dilanjut kegiatan belajar mengajar di TPQ AL-KARIM desa mojorejo jetis pada pukul 18.00 – 19.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Selalu terbiasa menerapkan protokol kesehatan setiap saat.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Mengajar. Mengajar di madrasah kelas 5. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 75%. Kendala utamanya adalah Keterbatasan waktu.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Musyawarah. Musyawarah proker dan tema kegiatan anggota KPM menyusun kegiatan panitia dll. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Beda pendapat.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Membuat opak singkong. Pembuatan opak yang terbuat dari singkong melalui beberapa tahapan diantaranya tahap pertama singkong diparut, kemudian disiram sedikit demi sedikit selanjutnya diperas dan air perasannya ditunggu beberapa menit untuk diambil sari patinya, selanjutnya racik bumbu yaitu cabe, bawang putih, garam, gula (bagi yang pedas) bawang putih, ketumbar, garam (bagi yang orginal) tahap selanjutnya aduk rata bumbu kedalam adonan singkong, kemudian dikukus dan diaduk rata dengan api yang sedang serta bila sudah kelihatan kekuning-kuningan kemudian angkat dan diamkan hingga dingin, setelah dingin siapkan daun pisang untuk mencetak adonan singkong yang telah matang. Setelah itu jemur dibawah terik matahari kurang lebih 5 jam. Setelah itu ditunggu kering kemudian diangkat dan dikemas kedalam plastik yang sudah disiapkan pukul 09.00 s.d 16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Membutuhkan waktu yang lama dalam pengadukkan dan penjemuran.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Minum sari kurma. Hari ini saya dibelikan kakak saya multivitamin serta sari kurma untuk diminun sebagai suplemen kesehatan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Pemulihan dari sakit.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Membaca buku pedoman KPM dan Artikel. Hari ini saya sangat padat beraktivitas dirumah, hampir setengah hari saya gunakan waktu untuk bersih-bersih. Setelah itu sebisa mungkin saya menyempatkan waktu untuk belajar, seperti membaca artikel-artikel tentang pendidikan, dan membaca buku pedoman KPM DDR untuk menambah kefahaman saya dalam melakukan pengabdian di masyarakat serta mempermudah saya dalam menyusun artikel yang akan dikumpulkan sebagai tugas akhir pada semester ini. Disamping itu saya juga menyusun pelaksanaan kegiatan dari program-program KPM yang akan saya lakukan selanjutnya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Dikarenakan saya melakukannya sendirian maka rasa kantuk rawan muncul pada setiap lembaran buku bacaan.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah pembuatan opak singkong. 09.00-16.00 pembuatan opak singkong yang dimulai dari proses diparut, kemudian disiram lalu diperas, meracik bumbu seperti cabe bawang putih gula dan garam, setelah itu Pati ketela dicampurkan dengan ketela yang sudah dihaluskan dan bumbu yang sudah dihaluskan dicampur dengan parutan ketela tadi serta diaduk sampai bumbu merata, setelahnya di kukus dan diaduk beberapa kali sampai ketela benar-benar matang. Lalu diangkat dan diwadahi baskom, setelah itu di diamkan sebentar sampai ketela sudah agak dingin, jika ketela sudah dingin maka adonan sudah siap untuk diracik dan diletakkan di daun pisang yang sudah disiapkan. Adonan tersebut diracik menjadi bagian kecil-kecil lalu dipenyet agar bisa menjadi tipis. Dijemur ditempat yang panas selama beberapa jam agar cepat kering. Kalau sudah kering opak singkong siap untuk diambil dari daun pisang. Opak singkong siap untuk dikemas dan siap untuk dipasarkan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup lama saat mengaduk dan menjemur.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Mengajar di TPQ Al-Karim desa Mojorejo. Kegiatan diawali pada pukul 17.30 yaitu persiapan sholat maghrib berjamaah, kemudian ba’da maghrib dilanjutkan dengan kegiatan mengaji di TPQ Al-Karim, metode yang digunakan untuk mengaji di TPQ tesebut adalah Metode An-Nahdliyah. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Belum bisa diadakan tambahan materi seperti sebelumnya, karena pemberlakuan PPKM yang menyebabkan jam pembelajaran terbatas.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah 1. Mendesain logo makanan. 2. Tpa. 1. Guna memperoleh pangsa pasar yang lebih luas maka treatment yang kami berikan kepada salah satu warga adalah mendorong mereka membuat opak singkong dan membantu mereka memberi label makanan yang kami kira² sesuai untuk dikonsumsi khalayak umum. Hal ini kami lakukan karena kami sadar mereka memerlukan orang lain untuk membantu berinovasi dalam bisnis mereka dan harapan mereka adalah supaya usaha mereka bisa to be countinue. Kami lakukan pukul 09.00-10.00. 2. Tpa untuk anak² mempunyai potensi yang harus kami dampingi sebagai amal usaha kami sebagai mahasiswa dan sebagai tri Dharma pergurian tinggi. Kami berharap anak² yang kami berikan treatmen seperti membaca quran,hafalan ayat, hafalan doa² berguna dikemudian hari dan dapat menjadi berkah kita semua. Kami lakukan pukul 14.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Semangat anak² dan kami yang kadang pasang surut.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesepuluh KPM DDR ini adalah Melaksanakan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Alhamdulillah untuk hari ini kegiatan yang saya lakukan adalah membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang saya lakukan setiap hari di pondok. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesepuluh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kurangnya santri yang ikut andil dalam pembangunan ini.

#9 – Monev Daring Pekan Pertama KPM DDR

Ponorogo, 13 Juli 2021. Setelah selama sepekan melaksanakan agenda KPM DDR, pada hari Selasa tanggal 13 Juli 2021 dilakukan rapat koordinasi sekaligus monitoring dan evaluasi pelaksanaan KPM DDR. Kegiatan dilaksanakan secara daring menggunakan Google Meet. DPL menekankan bahwa pelaksanaan KPM DDR harus mengedepankan protokol kesehatan dan menghindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Setelah mengikuti monev, para mahasiswa melanjutkan aktivitas KPM sebagai berikut.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Menghafalkan doa sehari-hari. Alhamdulillah wa syukurillah KPM DDR yang kesembilan hari ini berjalan deengan lancar
Seperti biasa anak- anak TPQ berwudhu kemudian cuci tangan dan memakai masker,namun ada beberapa anak- anak TPQ masih ada yang lupa tidak membawa masker. Kemudian seperti biasa membuat halaqoh dan dibuka dengan bismillah, kemudian anak-anak TPQ mulai maju kedepan dan setoran hafalan doa masuk masjid dan doa keluar masjid. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 100%.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah bimbingan mengenai aset dan permasalahan yang ditemukaan di lapangan kepada DPL. bimbingan mengenai aset dan permasalahan yang ditemukaan di lapangan kepada DPL dari pukul 09;00-11;45. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah audio input di laptop tidak nyala.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Kerja bakti di jalan bersama ibu RT, bimbingan kelompok bersama DPL, dan mengaji disertai dengan hafalan surat pendek bersama anak-anak. Kerja bakti di jalan, membersihkan jalan yang banyak rumputnya bersama ibu RT (07.45-09.00). Bimbingan kelompok bersama DPL (09.15-10.40). Mengaji disertai dengan hafalan surat pendek bersama anak-anak (18.00-19.00). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Kerja bakti yang dilakukan kurang maksimal, karena kurang personil, sehingga yang dibersihkan masih sedikit.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Melakukan kegiatan rapat dan konsultasi dengan DPL dan melakukan kegiatan latihan hadroh perdana bersama anak-anak sekitar masjid Miftaahurrosyid Belotan. Saya dan rekan-rekan KPM DDR 2021 melakukan kegiatan rapat dan konsultasi dengan DPL melalui media Google Meet dari pukul 09.15 sampai pukul 10.40 WIB. Adapun pembahasan yang dibahas yakni evaluasi mengenai kegiatan KPM DDR 2021 selama satu pekan yang lalu. Dan saya beserta rekan-rekan KPM DDR 2021 dan anak-anak sekitar masjid Miftaahurrosyid Belotan pada pukul 14.00 sampai pukul 14.40 WIB ditemani dengan dua pelatih hadroh dari remaja masjid melakukan kegiatan latihan hadroh perdana. Tujuan dari kegiatan hadroh ini yaitu untuk mengisi waktu luang anak-anak sekitar masjid Miftaahurrosyid selama pandemi agar tidak bermain saja. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 75%. Kendala utamanya adalah Jaringan yang kurang stabil dan kurang fokus dan maksimalnya anak-anak dalam memahami materi hadroh karna masih perdana.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Evaluasi KPM DDR dan Penyusunan buku saku. Pada hari kedelapan KPM DDR ini saya mengikuti evaluasi kegiatan KPM DDR yang telah dilaksanakan selama 1 minggu ini, yang dipimpin langsung oleh Bapak Edi Irawan selaku DPL di kelompok 52 ini pada pukul 09.30-10.30. Dari evaluasi yang disampaikan beliau dapat saya ambil point besar yakni; 1) Dalam kegiatan KPM DDR ini kita tidak harus menjadi narasumber atau satu-satunya orang yang mampu menyelesaikan semua masalah yang ada. Contohnya disebuah desa ada aset singkong dan kita berinovasi untuk membuat keripik, dengan tujuan agar singkong tersebut dapat menjadi barang yang lebih ekonomis dan bermanfaat. Kita dapat meminta bantuan kepada masyarakat atau siapapun yang mampu dalam bidang tersebut, kita hanya menjadi fasilitator dalam hal tersebut. 2) Setelah menggali aset-aset yang ada pada desa atau lingkungan selanjutnya untuk minggu ke-2 ini kita harus mulai mendesain dan mulai berinovasi mau kita apakan aset-aset yang tersebut. Selanjutnya saya mulai menyusun buku saku yang akan saya bagikan kepada anak-anak yang mengikuti bimbingan belajar kepada saya. Buku saku ini memuat beberapa materi yang sering diajarkan dalam sekolah, seperti matematika,Pegetahuan Alam, bahasa Jawa, sejarah dan beberapa buku yang lain masih saya carikan. Untuk sumber yang saya gunakan dalam pembuatan buku saku ini adalah RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap), Rumus-rumus Matematika dan Pepak Bahasa Jawa dan beberapa buku yang lain. Saya berharap dengan adanya buku ini dapat membantu para siswa dalam memahami materi pembelajaran yang tidak mereka pahami ketika disampaikan gurunya melalui daring dan semoga dapat menambah wawasan ilmu para siswa. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Kurangnya buku referensi dan sumber lain yang akan dimuat dalam buku saku.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah hari ini kegiatannya mengikuti pembangunan rumah pangan lestari / kebun yang di miliki masyarakat setempat dan malemnya mengikuti jamaah tahlil yang di undang ke rumah orang meninggal. pada pagi ini kegiatan nya mengikuti pembangunan rumah pangan lestari atau kebun bahan pangan yang dimiliki oleh masyarakat setempat yang mana di ikuti ibuk untuk yang lakimebangun rumah tanaman dan untuk yang perempuan membantu pembibitan benih strobery bersama ibuk pada jam 07:00-10:30 dan di akhir istrihat bersama dan pada malamnya mengikuti jamaah yasinan yang di undang untuk mengikuti tahlilan di rumah orang meninggal pada jam 19:00-21:04. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah masyarakat yang kurang berpatisapi untuk membantu membangun rumah pangan lestari.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Mengikuti rapat koordinasi dan konsultasi bersama DPL KPM DDR dan mengikuti latihan Hadroh perdana bersama anak-anak disekitar masjid miftahurrosyid desa Belotan. Kegiatan pada hari ini saya beserta teman-teman kelompok 52 KPM DDR 2021 mengikuti rapat koordinasi sekaligus konsultasi bersama dengan DPL KPM DDR 2021 secara online(melalui via google meet) mengenai evaluasi dan perkembangan kegiatan KPM DDR 2021 pada Minggu pertama, yang dimulai pukul 09.15-10.40.
Dan kegiatan hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melaksanakan kegiatan latihan Hadroh perdana bersama Anak-anak disekitar masjid miftahurrosyid desa Belotan sekaligus didampingi oleh dua pembimbing dari remaja masjid setempat , yang mana kegiatan ini dilakukan untuk dapat memberikan kegiatan sekaligus ilmu yang positif di waktu luang anak-anak yang tidak hanya bermain saja apalagi dimasa Pandemi seperti sekarang, agar tetap belajar apapun, kegiatan ini dimulai pukul 14.00-14.40. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah jaringan yang kurang stabil dan belum maksimal nya latihan Hadroh ini karena harus mengenalkan alat pada anak-anak serta bagianya.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Rapat evaluasi bersama DPL kelompok 52. Menyampaikan update kegiatan yang telah dilaksanakan serta mengevaluasi kegiatan yang sudah berjalan namun belum terlaksana dengan baik melalui Google Meet. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah Jaringan yang kurang baik.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Evaluasi kegiatan KPM pada minggu pertama bersama DPL via google meet. KPM telah berjalan selama 9 hari. pada minggu pertama berada pada tahap inkulturasi dan discovery. Hari ini melaksanakan evaluasi bersama DPL mengenai kegiatan yang telah berjalan. selain itu, DPL juga memberikan bimbingan mengenai kegiatan pada minggu kedua yakni memasuki tahap design. Aset atau potensi yang telah diketahui atau ditemukan kemudian di design akan dibawa atau dibuat bagimana aset atau piotensi tersebut. evaluasi dan bimbingan ini dilaksanakan pada pukul 09.26-10.45. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Jaringan internet terganggu sehingga terpental keluar.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Hari ke 8 KPM DDR dengan proogam Tahsin Qiroatil qur’an dengan para santri kelas 1 KMI. Setelah kemarin awal dari progam tahsin sehingga para santriwati masih dalam tahap penyesuaiian , hari ini mereka mengikuty sistem pembelajaran tahsin dengan satu persatu maju kedepan dengan pendampingan langsung oleh para asatid dalam arti kata agar kita bisa mengetahui mendalam tentang kekurangan, dan permasalahan yang ada dalam diri setiap individu santriwatinya. tahap ini pengelompokan para santriwati yang masih harus mengulang yakni tahsin dan tahap lanjut atau pelancaran untuk sekelompok para santriwati dalam arti an kita ingin membentuk para santriwati yang mahir dan lancar dalam mengaji kalamullah di kitab suci al qur’annur karim. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 60%. Kendala utamanya adalah menguras waktu lama karena kita harus mendampingi satu persatu para santriwaty agar mengetahui kepiawaian dan kelancaran dalam membaca al qur’an sesuai makharijul huruf dan kelancaran dalam pelafatan.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Koordinasi dengan DPL. Menyaring bekatul. Pada pukul 09.30 kegiatan hari ini berkoordinasi dengan DPL sampai pukul 10.30 mengenai kegiatan KPM yang telah dilaksanakan, dan bertanya mengenai kendala waktu kegiatan. Alhamdulillah saran dari DPL atas kendala-kendala tersebut sangat membantu. Kemudian pada pukul 15.30 saya membantu UMKM bekatul untuk menyaring bekatul yang telah disangrai, agar dapat memisahkan bekatul yang gosong dan yang siap konsumsi. Bekatul ini sanagat bermanfaat untuk kesehatan. Bekatul ini bisa dikonsumsi lewat diseduh bisa dicampur susu ataupun kopi dsb. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 100%.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Seperti biasa latihan PBB untuk meningkatkan imunitas. Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMK badegan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Masih banyak yang tidak hadir karena kondisi kurang vit.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Kegiatan TPA. Kegaiatan TPA selain kegiatan belajar Al Quran juga terdapat bimbingan belajar sekolah Formal yang dimulai pukul 14.30 sampai 16.00 yang keseluruhan pesertanya dari anak anak di sekitar lingkungan pondok sekitar 30 anak. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kurangnya personel KPM sehingga 2 orang guru memegang 3 anak.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Bimbingan evaluasi KPM. Bimbingan evaluasi KPM jam 09.00 – 11.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Fasilitas hp mengalami kendala.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Ngaji. Ngaji kitab di madrasah Diniyah riyadlotus syubban. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Ada yang tidak hadir.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah 1. Google Meet; 2. Tpa. 1. Evaluasi melalui google meet bersama Dosen Pembimbing Lapangan serta kelompok 52 membahas tentang kendala yang telah dialami serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kegiatan selama Kuliah Pengabdian Masyarakat Daring Dari Rumah pukul 09.00 s.d 10.10. 2) Taman belajar Qur’an (Tbq atau disebut dengan Tpa) yang didalam anak-anak dapat belajar mengenai tentang tasdid dalam membaca surat An-nass, kemudian membaca iqro’, membagikan ceklis hafalan surat pendek, ceklis praktek gerakkan sholat serta ceklis rutinan untuk sholat yang dapat dilakukan setiap hari di rumah masing-masing agar anak-anak mampu mengerjakan setiap hari walaupun awalnya dengan paksaan pukul 14.00 s.d 16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ketika google meet sinyalnya yang kurang stabil.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Mendoakan nenek. Hari ini nenek saya meninggal. Saya tidak bisa ikut meet evaluasi bareng DPL kali ini. Namun saya sudah izin pada beliau. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 50%.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Google meet bersama DPL dan TPA. 09.00-11.00 google meet bersama dengan DPL guna untuk melakukan evaluasi mengenai kegiatan KPMDDR yang dilakukan selama seminggu serta evaluasi kendala apa saja yang dialami selama KPM dan meminta saran untuk kedepannya agar bisa lebih baik serta mengerti serta memahami bagaimana cara kita untuk berbaur dengan masyarakat dengan baik. 14.00-16.00 TPA bersama anak-anak yang dilaksanakan di masjid, anak-anak menghafal surat-surat pendek, mengulangi bacaan iqro’ Minggu kemaren, mendengarkan doa sebelum mengaji dan juga bernyanyi tentang 5 jari dalam bahasa Arab supaya mereka bisa belajar berbahasa Arab. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Sinyal tidak stabil.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah 1. Penanaman bibit sayuran di pekarangan Kelompok Wanita Tani, 2. Bimbingan dan Evaluasi bersama DPL. Kegiatan diawali pada pukul 07.15 dengan membersihkan rumput serta menyirami tanaman yang tempatnya sudah terpisah dengan tanaman yang masih bibit. Kemudian pada pukul 08.45- 09.15 dilanjutkan dengan penanaman bibit sayuran diantaranya sawi, kangkung, selada, terong, tomat dan cabai. Media untuk tempat penanamannya adalah tanah dicampur dengan pupuk kandang yang dimasukkan pada wadah/ plastik kecil. Bibit sayuran yang sudah dimasukkan/ditabur kedalam tanah, disiram dengan air secukupnya dan diletakkan ditempat sejuk serta terhindar dari sinar matahari langsung. Pada pukul 09.26-10.40 yaitu bimbingan bersama dengan DPL serta evaluasi kegiatan KPM-DDR minggu pertama. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kegiatan berjalan lancar, hanya sedikit terkendala jaringan saat bimbingan dengan DPL.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah 1. Koordinasi dengan dpl. 2. Tpq. 1. Kelompok 52 mempunyai jadwal evaluasi yang dilakukan seminggu sekali,ini dilakukan agar apa yang mahasiswa kerjakan selama kpn seminggu itu menemui titik terang dan apabila jika terdapat problem maka dapat di diakusikan dalam kegiatan koordinasi dengan dpl melalui meet. Dilakukan pukul 09.00-11.00. 2. Pendampingan kegiatan baca tulis quran dan kegiataan keagamaan di desa dilakukan karena anak-anak selama libur sekolah ataupun kala pandemi ini sering menemui waktu kosong dan ini mengakibatkan anak membuang waktu dengan sia-sia seperti main hp diteruskan dengan ngegame, maka dari itu kami memberikan treatment dengan memberikan lembaran berisi tugas hafalan surat, hafalan sholat, dan kebiasaan lainya. Dilakukan pukul 14.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Sinyal susah.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kesembilan KPM DDR ini adalah Melaksanakan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Alhamdulillah untuk hari ini masih diberikan kesempatan untuk mengabdi kepada lingkungan sekitar oleh Allah SWT. Untuk hari ini kegiatan yang telah saya lakukan sebagai mana biasanya saya lakukan yaitu membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kesembilan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Alhamdulillah untuk hari ini berjalan dengan lancar.

#8 – Mendesain Program Ketika PPKM

Lokasi KPM DDR, 12 Juli 2021. Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan sebagai upaya menekan tingginya penyebaran Covid-19. Sebagai dukungan terhadap kebijakan tersebut, pelaksanaan KPM DDR kelompok 52 dilakukan dengan senantiasa mengedepankan protokol kesehatan. Berikut ini adalah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa kelompok 52.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah pendampingan kegiatan MPLS bagi siswa SMK melalui media zoom meeting. hari ke 8 kegiatan KPM di isi dengan mendampingi kegiatan MPLS bagi siswa SMK melalui media zoom meeting pada pukul 8:30-11:53. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 97%. Kendala utamanya adalah sinyal kurang stabil.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Mendampingi anak-anak fokus belajar baca tulis dan mengaji bersama beberapa anak dan membantu dikandang sapi perah. Mendampingi anak-anak fokus belajar baca tulis dengan disertai lanjutan mengajibdan hafalan surat pendek secara privat (09.00 – 12.00). Membantu memberi makan sapi perah sambil sapinya sedang diambil susunya (15.00-16.10). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Masih banyak proker yang belum berjalan, karna tidak mendapat izin dari pihak yang berwenang.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Melakukan kegiatan bimbingan belajar bersama anak-anak di sekitar mushola Ar Rohimun Belotan. Saya dan teman-teman KPM DDR 2021 pada pukul 09.00 sampai pukul 10.20 WIB melakukan kegiatan bimbingan belajar bersama anak-anak sekitar mushola Ar Rohimun Belotan. Adapun tema materi hari ini untuk kelas TK dan 1 yaitu belajar menulis, membaca dan tebak-tebakan dan untuk kelas 3, 4 dan 5 yaitu belajar bahasa Inggris tentang angka dan suasana perasaan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Masih terdapat beberapa anak yang belum paham dengan materi yang dipelajari hari ini karna materi tersebut jarang diulang-ulang.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Bimbingan Membaca Al-Qur’an secara privat atau individu. Pada hari kedelapan KPM DDR ini saya melakukan Bimbingan Membaca Al-Qur’an secara privat atau mandiri yang diawali dengan Iqro’ terlebih dahulu. Karena adanya Covid-19 ini banyak lembaga pendidikan TPA/ TPQ yang diliburkan dan hal itu sangat menyulitkan orang tua karena anak-anak biasanya jika belajar sendiri jarang mau. Orang tua pun juga jarang mendampingi anak-anak untuk mengaji dikarenakan sudah lelah dengan kegiatan sehari-hari. Untuk itu dengan adanya privat ini saya berharap dapat membantu anak-anak dalam membaca Al-Qur’an. Kegiatan ini saya lakukan pada pukul 16.00- 17.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kurangnya metode mengajar yang mampu meningkatkan semangat siswa dalam mengaji.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah mengikuti sholat magrib berjamaah dengan dusun bantengan jetis ponorogo dan sehabis sholat kita bersama mengikuti atau ikut membimbing dan mengajari anak di TPQ al karim bantengan dan evaluasi bersama bareng guru TPQ. mengikuti sholat magrib dan langsung mengikuti untuk membimbing mengajar anak TPQ dan dilanjut evaluasi bersama dengan guru TPQ di mulai jam 18:00-20:15 up. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah guru TPQ yang tidak hadir semua, terus pembelajarannya kurang lama karena pada waktu PPKM.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Bimbingan belajar bersama anak-anak disekitar Mushola Ar-Rohimun Belotan. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melakukan kegiatan bimbingan belajar bersama Anak-anak disekitar Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan, yang mana tema pada bimbingan belajar hari ini untuk kelas TK dan kelas 1 belajar menulis sambung angka+huruf dan membaca sekaligus tebak kata persilangan. Sedangkan untuk kelas 3,4,dan 5 belajar bahasa Inggris tentang Angka dan menggambarkan perasaan orang. Kegiatan ini dilakukan mulai pukul 09.00-10.20 WIB. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah kendalanya anak-anak sulit memahami karena kurang bimbingan pada saat pandemi seperti saat ini.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Menjaga Wartel Ponpes Darul Huda Mayak. Melayani santri dalam melaksanakan telpon kepada wali santri dan orang tuanya dimasa pandemi. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah Keterbatasan pengadaan Handphone dan jaringan internet.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Vaksinasi Covid-19 dan membantu membuat makanan ringan. Vaksinasi covid-19 bagi masyarakat desa Semanding termasuk saya juga terdaftar untuk mendapatkan vaksin, tetapi belum semua masyarakat di desa Semanding mendapatkan vaksin sebab kouta yang diberikan terbatas dan akhirnya untuk meratakan supaya adil diambillah setiap RT kurang lebih sebanyak 9-10 orang saja yang lainnya akan mendapatkan vaksin susulan. Tetapi banyak warga desa yang tidak ingin di vaksin dengan alasan takut dan ini cukup banyak orang yang takut untuk vaksin. Vaksinasi ini dilakukan pada pukul 08.00-12.00. Selain itu, hari ini membantu membuat makanan ringan untuk snak pesenan acara yasinan pada pukul 15.45-16.20. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Cukup banyak warga yang sudah didaftarkan untuk vaksin tetapi membatalkan karena merasa takut untuk vaksin sehingga perangkat desa harus mencari pengganti orang yang vaksin dan ini menjadikan waktu molor dan antrinya juga lama.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah hari ini hari ke 7 KPM DDR, dilanjutkan dengan progam kerja kegiatan ubudiyah dengan cara memberikan jam tambahan di luar mata pelajaran di kelas dengan tahsin al quran. kegiatan ubudiyah yakni dengan pengaplikasian tahsin al quran yang diterapkan pada santriwaty kelas 1 KMI atau kelas 7 Mts dengan maksut karena ini dasar bagi pembelajaran mereka di pondok pesantren walaupun sediakalanya di pendidikan dasar atau madrasah ibtidaiyah mereka sudah dibekali dengan tahsin al quran tapi apalah daya masih banyak yang belum bisa membaca al quran dan belum bisa lancar dalam pelafatan sedangkan proses pembelajaran di pondok pesantren berbasis arabi dalam segala fektor pembelajaran didalam kelasataupun kehidupan sehari harinya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 40%. Kendala utamanya adalah hari pertama tahsin jadi para santriwati masih dalam tahap adaptasi.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Mengajar ngaji private. Mencari kandungan manfaat beras hitam. Membuat model packaging beras hitam. Pada hari ini kegiatannya adalah membaca, mencari tau mengenai manfaat beras hitam. Manfaat beras hitam sangat banyak sekali untuk kesehatan. Yang mana manfaat-manfaat dari beras hitam tersebut akan dicantumkan di packaging agar orang-orang tahu betapa bermanfaatnya beras hitam untuk kesehatan. Pada pukul 18.30 kegiatannya mengajar mengaji les private, yaitu menyimak bacaan dari ayat yang dibaca tersebut, apabila ada yang keliru dibenarkan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jurnal tentang beras hitam tidak banyak.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Mengisi acara DIKLAT Paduan suaraekstra musik SMKN 1 BADEGAN. Kegiatan di ikuti oleh anggota ekstra musik kelas XI. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Anggota hanya sedikit karena masih masa ppkm darurat.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Mengadakan Bimbingan belajar dan mengahi TPA Al Barokah. Kegiatan TPA dan Bimbel dilaksanakan pukul 14.30 sampai 16.00 yang diikiti oleh anak anak yang berumur 5-12 tahun yang bermukim di sekitar pondok total ada 30 anak perhari ini yang sudah dimulai pada tanggal 6 Juli sebagai salah satu program kerja KPM DDR di pondok Al Barokah. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kurangnya personel anggota KPM DDR.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah kegiatan belajar mengajar di TPQ Al-Karim dukuh bantengan desa mojorejo. kegiatan belajar mengajar di TPQ Al-Karim dukuh bantengan desa mojorejo yang dilaksanakan pada pukul 18.00 – 20.15. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Selama Adanya PPKM kegiatan belajar mengajar di pulangkan lebih awal.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Roan pondok. Membantu pembangunan gedung madrasah dan tpq. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Kurangnya tenaga kerja.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Tahlilan. Tahlilan dan dzikir fida’ mengenang 7 hari. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah 1. Memanen ketela pohon dan; 2. Memanen jahe. 1. Memanen ketela pohon (singkong) diladang yang dapat digunakan sebagai salah satu olahan makanan yang salah satunya untuk pembuatan opak pukul 09.00 s.d 11.00; 2. Memanen tanaman jahe dapat digunakan sebagai salah satu minuman penambah imunitas yaitu dengan dinamakan wedang jahe pukul 13.00 s.d 14.40. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jalan yang sempit dan sinyal yang kurang stabil.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Menghirup uap minyak kayu putih. Kali ini kegitan saya yaitu menghirup uap minyak kayu putih. Selain ini dijadikan sebagai terapi, minyak kayu putih juga banyak manfaatnya salah satunya melegakan sesak nafas. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Pemulihan dari sakit.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Mengajar TPA. mengajar mengaji di TPA Nurul Huda Dusun Tenggar Sayutan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Memanen ketela pohon dan memanen jahe. Memanen ketela pohon diladang kemudian dikupas untuk dijadikan bahan makanan yaitu opak singkong yang kami lakukan pada pukul 09.00-11.00. Memanen jahe diladang juga untuk dijadikan wedang jahe sebagai penghangat badan dan untuk menjaga imunitas tubuh yang kami lakukan pukul 13.00-14.40. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jalannya sempit.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Membantu mengajar ngaji di TPQ Al-Karim dan musyawarah bersama dengan pengurus TPQ. Kelompok kami berangakat ke tempat TPQ Al-karim sekitar pukul 17.30,kemudian sholat maghrib berjamaah, kegiatan mengaji di TPQ dimulai ba’da Maghrib sampai selesai, setelah itu kelompok kami mengadakan musyawarah bersama pengurus sampai pukul 20.15. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah waktu pembelajaran yang terbatas karena masih dalam masa PPKM.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah 1.memanen singkong; 2. Memanen jahe. 1. Memanen singkong kami gunakan untuk membuat opak singkong yang kami lakukan pada pukul 09.00-11.00; 2. Memanen jahe kami gunakan untuk membuat minuman penambah imunitas sebagai wedang jahe. Kami melakukanya pada pukul 13.00-14.40. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah kawasan yg landai dan susah sinyal.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kedelapan KPM DDR ini adalah Ikut serta dalam kegiatan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Alhamdulillah untuk hari ini masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT untuk selalu bersyukur atas limpahan kesehatan ini saya mengawali kegiatan di pagi ini seperti biasa saya membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN mulai pagi hari hingga sore hari dan setelah itu dimalam hari saya mengikuti kegiatan harian yang ada di PPTQ AL HASAN. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kedelapan ini sebesar 98%. Alhamdulillah untuk hari ini kegiatan berjalan dengan lancar.

#7 – Meski Libur, Tetap Mengabdi

Lokasi KPM DDR, 11 Juli 2021. Minggu adalah hari libur. Namun tidak berlaku bagi mahasiswa peserta KPM DDR kelompok 52. Meskipun hari minggu, tetap melaksanakan aktivitas pengabdian kepada masyarakat. Mulai dari kerja bakti, olah raga, membuat rak tanaman, hingga khataman alquran. Berikut adalah aktivitas masing-masing mahasiswa kelompok 52 pada hari ketujuh.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Penyemprotan disinfektan di lingkungan sekitar, kerja bakti. Membantu warga untuk melakukan penyemprotan disinfektan, mengikuti kerja bakti dengan menyapu, membersihkan rumput-rumput. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Terdapat warga yang telat mengikuti kegiatan kerja bakti, terdapat warga yang tidak memakai masker.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Melatih silat pagar nasa desa kedungwadas. Kegiatan KPM DDR saya hari ini alhamdulillah melatih silat atau seni bela diri Pagar Nusa desa Kedungwadas. Dikarenakan hari Ahad libur mengajar jadi quality time bersama anak anak diganti dengan Latihan seni bela diri pagar nasa bersama anak anak TPQ al-Istiqomah. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ada beberapa anak anak yang belum sepenuhnya menguasai jurus nya dan masih ada yang lupa. Untuk mengirim video tidak bisa jadi saya screenshoot. Padahal sudah saya jadikan 7 MB.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Olahraga badminton. Pada hari minggu yang cerah kegiatan KPM- DDR di awali dengan kegiatan positif dan menyehatkan mental dan fisik. yaitu berolahraga badminton dengan adik pada pukul 8:30- 10:20. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah Matahari mulai terik.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Mencabuti rumput di desa wisata, memperbaiki penopang tanaman kapri yang sebelumnya rusak, dan mencabuti rumput pada tanaman sayur preh. Mencabuti rumput pada bunga tanaman di desa wisata (10.00- 11.00). Memperbaiki penopang tanaman sayur kapri yang rusak dan tidak pas (13.00-13.30). Mencabuti rumput pada tanaman sayur preh (13.30-14.15). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Beberapa proker belum berjalan karena PPKM, dan dari bapak lurah dan bapak RT tidak mengijinkan.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Merawat tanaman ketela pohon di kebun milik pak Pardi. Pada pukul 08.00 sampai pukul 10.00 WIB saya dan teman-teman KPM DDR 2021 bersama bapak Pardi merawat tanaman ketela pohon di kebun yaitu dengan memberi pupuk pada tanaman ketela pohon agar tanaman ketela pohon tidak terjangkit penyakit dan dapat di panen apabila sudah waktunya (sekitar 6bulan sekali). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Bimbingan Belajar atau privat. Pada hari ketujuh KPM DDR ini saya melakukan Bimbingan Belajar tetapi secara Individu kepada anak disekitar lingkungan rumah atau lebih tepatnya Privat. Kegiatan ini saya lakukan pada pukul 16.30- 17.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Terlalu singkatnya waktu.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah membantu warga memotong bambu di kebun setempat untuk membuat rak untuk menempatkan tanaman supaya tertata dengan teratur dan untuk menempatkan tanaman yang perlu terkena sinar matahari langsung sama memisahkan tanaman yang waktunya menyendirian dari lahan bibit. memotong bambu bersama warga di daerah setempat untuk rak tanaman di mulai sekitar jam 08:15-11:00 di lanjut istirahat bersama. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah alat yang kurang memadahi, dan warga yang kurang berpatisipasi.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Membantu Merawat tanaman ketela pohon di kebun milik pak pardi salah satu warga desa Belotan. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melakukan kegiatan merawat tanaman ketela pohon dikebun milik Pak Pardi salah satu warga desa Belotan yang dimulai pada pukul 08.00-10.00 WIB. Kegiatanya pemberian pupuk pada Tanaman ketela pohon yang berumur sekitar 1 bulan, adapun pemberian pupuk ini dilakukan agar tanaman ketela pohon tetap subur dan tidak terkena hama penyakit. Dan dapat berbuah dengan baik pada waktu di panen nanti (sekitar kurang lebih 6 bulan) tergantung pemanen. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Tidak terdapat kendala dalam pemberian pupuk pada ketela pohon.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Petugas USP (Unit Simpan & Pertelekomunikasian). Melayani para santri ponpes Darul Huda Mayak dalam menabung. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 99%. Kendala utamanya adalah Minimnya minat menabung.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Melanjutkan list data aset kemarin dan mengajar mengaji. Melanjutkan list data aset kemarin yang belum lengkap dan sore harinya pukul 18.00-19.00 mengaji secara bergantian satu per satu sekalian belajar mad thabi’i dan menghafalkan surat-surat pendek secara bersama. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Mengganggu teman yang sedang mengaji dan ramai sendiri sehingga sering kurang jelas dalam pengucapan huruf hijaiyahnya dan mengganggu konsentrasi akibatnya memakan waktu cukup lama karena terus mengulang-ulang bacaan.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah jam tambahan untuk penerapan jiwa kepramukaan bagi penegak. hari ini ialah hari akhir dari progam penabahan jam dalam pemantapan materi oleh para peserta didik baik penggalang dan penegak. di hari akhir ini yakni tahap review setelah beberapa hari adanya penabahan progam penyampaian materi kepada para oeseta didik, kita ambil metode untuk penekanan tersapainya ilmu yakni dengan ujian kai harap dengan adanya ujian ini maka ilmu yang di berikan kepada para peserta didik bisa melekat didalam hati dan nantinya bisa bermanfaat bagi diri para peserta didik dan juga dapat di amalkan kepada sanak sodara dan kerabat, karena dengan ilmu kepramukaan ini menuntutu kami untuk hidup mandiri, berdikari, bertanggung jawab, dapat dipercaya, disiplin, sopan dan kesatria, dapatr dipercaya, rela menolong dan tabah, patuh dan suka bermusyawarah, rajin terampil dan gembira, hemat cermat serta bersahaja, berani mengutarakan pendapat serta bertanggungjawab dan ddapat di percaya. dan ditutup dengan lingkaran kecil lalu bernyanyi bergembira bersama. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah alhamdulillah hari ini cuaca dan kondisi bersahabat.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Sowan ke pemilik penggilingan padi. Beli plastik untuk kemasan beras hitam. Pada hari ini pukul 09.30 saya ke tempat penggilingan padi. Menanyakan terkait kendala dan harapan kedepannya. Kendalanya masih bekum bisa memasarkan beras hitam secara luas, karena tidak semua orang menggunakan beras hitam karena juga harganya yang mahal, dan masih minimnya orang mengetahui khasiat beras hitam untuk kesehatan. Kemudian pada pukul 14.30 saya beli plastik untuk kemasan beras hitam. Tapi tidak semua toko ada. Baru di toko ke 4 menemukan plastik yang sesuai untuk kemasan beras hitam. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Tidak semia toko ada kemasan yang sesuai untuk beras hitam 1 kg an.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Melatih anak anak remaja masjid sholawwtan dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan meningkatkan kecintaan kepada kanjeng nabi Muhammad SAW,. Kegiatan diikuti oleh anak anak masjid al-muttaqin. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Karena oandemi kegiatan dilaksanakan diam diam di depan rumah warga yang strategis.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Melaksanakan kegiatan pembangunan gedung madrasah. Kegiatan pembangunan madrasah (roan) dimulai pukul 07.30 sampai 12.00 yang diikuti oleh peseta KPM kegiatanya mengecor tiang bangunan dan hari ini mendapat 2 tiang dengan tinggi 3 meter dengan diameter 75 cm kegiatan ini dilaksanakan ketika para tukang membutuhkan orang banyak ketika mengecor bangunan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Kurang personel KPM DDR.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Membantu kegiatan pemotongan bambu untuk pembuatan rak bunga. Kegiatan pemotongan bambu untuk pembuatan rak bunga dilakukan pada pukul 08.15- 11.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kendalanya lokasi pemotongan bambu sangat sulit di capai.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Nyimak anak ujian qur’an. Kegiatan ini di adakan setiap anak bilqoib akan naik jus selanjutnya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Ngaji. Ngaji kitab Al maqsud di madrasah Diniyah untuk menambah wawasan dan ilmu serta mencari barokah ilmu yang manfaat. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Ada yang tidak hadir.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah 1. Bersih-bersih masjid; 2. Tpa. 1. Bersih-bersih masjid bersama anak-anak dan juga halaman masjid atau sekitaran masjid pukul 09.00 s.d 10.30. 2. Tpa, anak-anak dengan mempelajari iqro’, Al-qur’an serta menghafal surat an-nass pukul 14.00 s.d 16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Sinyal tidak stabil.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Minum jamu dan makan kurma. Hari ini saya masih dalam masa penyembuhan. Ibu saya membuatkan saya jamu sangat banyak untuk dikonsumsi setiap harinya tak lupa saya juga memakan kurma untuk penambah energi juga mempeebaiki imun dalam tubuh. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Masih dalam fase penyembuhan.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Khataman Al-Qur’an. Melakukan rutinan khataman Al-Qur’an Ahad Pahing secara Muqoddaman bersama IPNU dan IPPNU ranting Sayutan, Parang,Magetan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Banyak yang tidak hadir dalam kegiatan.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Bersih-bersih masjid dan TPA. 09.00-10.30 bersih-bersih masjid bersama dengan anak sekaligus bersih-bersih halaman masjid. 14.00-16.00 TPA membaca iqro’ dan menghafal surat-surat pendek. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Sinyal tidak stabil.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Membantu memotong bambu untuk membuat rak tanaman di pekarangan Kelompok Wanita Tani (KWT) desa Mojorejo. Kegiatan dilaksanakan pukul 08.15-11.30 kelompok kami pergi salah satu kebun warga untuk mencari pohon bambu, kemudian di bawa ke tempat KWT untuk dibersihkan dan dipotong sesuai kebutuhan. Bambu tersebut akan digunakan untuk membuat rak tempat menata tanaman yang sudah ditanam di polybag agar terlihat rapi dan bisa dipisahkan dari tanaman yang masih bibit. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kendalanya yaitu peralatan yang kurang lengkap.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah 1. Bersih-bersih masjid; 2. Taman belajar quran. 1. Bersih-bersih masjid dilakukan di salah satu masjid daerah krajan ngrayun deng memanfaatkan alat yang ada. Dan kami lakukan pukul 09.00-10.30; 2. Taman belajar quran bersama anak-anak setempat, dengan melakukan belajar rajwid dan juga mengajarkan kebiasaan baik pada anak. Kami lakukan pada pukul 14.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Sinyal susah.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketujuh KPM DDR ini adalah Roan akbar PPTQ AL HASAN. Alhamdulillah untuk hari masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dan saya mengawali hari dengan kegiatan bersih-bersih akbar yang dilaksanakan oleh santri PPTQ AL HASAN. Dan kegiatan ini melingkupi seluruh santri pondok al hasan dengan membersihkan seluruh bagian pondok. Dengan gotong royong kita selalu merasa enteng untuk menjalankan aktivitas seperti biasa. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketujuh ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Masih ada santri PPTQ AL HASAN yang tidak patuh dan tidak mengikuti roan akbar.

#6 – Mulai Beraksi di Tengah Pandemi

Lokasi KPM-DDR, 10 Juli 2021. Sebanyak 24 mahasiswa KPM DDR Kelompok 52 semakin semangat dan antusias dalam melaksanakan KPM. Meskipun dilaksanakan secara daring dari rumah atau tempat tinggal masing-masing, tidak menyurutkan langkah mahasiswa untuk belajar mengabdi untuk negeri. Mulai dari sosialisasi Covid-19, bimbingan belajar, survei peternakan, hingga mengawali bidang kewirausahaan melalui pembuatan keripik dan berbagai makanan olahan tradisional. Simak keseruan aktivitas KPM DDR pada hari keenam masing-masing mahasiswa kelompok 52 di bawah ini.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Alhamdulillah untuk hari ini masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dan kesempatan ini tidak saya sia-siakan begitu saja, karena untuk pagi ini saya tetap menjalankan aktivitas seperti biasa yaitu membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Bersama para tukang dan kuli bangunan saya memulai kegiatan dipagi yang sangat cerah ini. Kegiatan ini saya lakukan hingga sore hari. Seperti keseharian santri yang lain untuk malam hari saya tetap melaksanakan kewajiban saya sebagai seorang santri. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Alhamdulillah untuk hari ini berjalan dengan lancar. Akan tetapi masih kurang nya tenaga pembantu dalam pembangunan ini.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah 1. Sosialisasi covid; 2. Taman belajar qur’an. 1. Sosialisasi terhadap covid 19 kami lakukan dengan menggunakan gambar-gambar sebagai sarana demonstrasi edukasi kepada masyarakat yang kami lakukan pada pukul 09.00-10.15; 2. Taman belajar quran bagi anak-anak serta menggerakan melek huruf arab dengan objek anak-anak kecil. Kegiatan tersebut kami lakukan pada pukul 14.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Sinyal agak susah.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Kerja bakti di pekarangan rumah bibit Kelompok Wanita Tani (KWT). Kegiatan kelompok kami yaitu kerja bakti membersihkan pekarangan rumah bibit Kelompok Wanita Tani (KWT) bersama ibu pengurus KWT desa Mojorejo pada pukul 08.00-11.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Banyak tanaman yang tempatnya (rak bambu) yang sudah rusak, dan perlu diganti, tetapi belum bisa dilakukan hari ini karena belum ada persiapan bahan dan alat.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Sosialisasi dan TPA. Sosialisasi virus Corona covid 19 yang dilakukan dengan anak anak pukul 09.00-10.15. TPA sekaligus perkenalan dengan anak anak pada pukul 14.00-16.00 dan juga memulai belajar TPA. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 75%. Kendala utamanya adalah Fasilitas yang kurang memadai.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Mengajar mengaji. Saya mengajar anak-anak mengaji di Masjid Al-Jariyah Sayutan. Jadwal mengajar disana adalah hari Kamis hingga Sabtu pada jam 15.00-16.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Biasanya anak-anak melakukan sholat asar berjamaah di masjid, dikarenakan kami sebisa mungkin mematuhi protokol kesehatan maka kami memberikan peraturan baru, yaitu: yang datang lebih dahulu akan pulang dahulu. Agar tidak berkerumun di masjid.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Minum lemon hangat dengan jahe. Hari ini saya pemulihan dengan meminum lemon hangat dengan jahe. hal ini dapat mempercepat pengembalian indera penciuman saya juga terapi dengan uap air panas dicampur dwngan minyak kayu putih. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Masih dalam pemulihan.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah 1. Sosialisasi covid; 2. Perkenalan dan Tpa. 1. Sosialisasi bersama anak-anak mengenai covid-19 tentang gejala dan pencegahan virus corona, tips mencegah penyebaran virus corona serta hal-hal yang mengenai virus tersebut pukul 09.00 s.d 10.15; 2. Perkenalan diri dan juga anak-anak, Tpa serta memulai belajar bersama-sama pukul 14.00 s.d 16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 75%. Kendala utamanya adalah Fasilitas yang kurang memadai dalam proses pembelajaran Tpa.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Ngaji. Ngaji kitab di madrasah Diniyah untuk menambah wawasan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 100%.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Ro’an pondok. Dalam rangka membantu danmembangun pondok pesantren alhasan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 100%.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Kerja bakti dan membersihkan pekarangan rumah bibit kelompok wanita tani (KWT), kegiatan remaja masjid muhadoroh. Kerja bakti dan membersihkan pekarangan rumah bibit kelompok wanita tani (KWT), di dusun bantengan desa mojorejo pada pukul 08.00 – 11.30 dan kegiatan remaja masjid muhadoroh bertempat di masjid al-karim pada pukul 18.00 – 19.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Fasilitas rak tanaman yang belum terfasilitasi di lokasi taman Kelompok wanita tani dan untuk kegiatan remaja masjid kurangnya kesadaran petugas muhadhoroh bagi anak usia sd atau mi dalam berpartisipasi sehingga sedikit yang mengikuti serta generasi kader kakak kakak pengurus yang masih sulit untuk ikut andil dalam membina generasi adik adik remaja masjid untuk lebih baik.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah 1. Membuat halaqoh pada TPQ Al Barokah. 2. Mengadakan ziarah makam di makam sesepuh pondok. 1. Mengadakan halaqah TPQ ini berlangsung mulai pukul 15.00 sampai 16.00 kegiatanya meliputi mengajarkan mengaji pada anak umur 5-10 tahun yang bermukim sekitar pondok dan mengajari tatacara berwudu dengan baik dan benar yang dikoordinir oleh peseta KPM. 2. Kegaiatan ziarah makam dimulai setelah sholat asyar sekitar 16.45 sampai 17.30 yang dipimpin oleh Abah Kyai dan diiukti seluruh santri putra dan putri dengan bantuan peserta KPM. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah 1. Cuaca tidak mendukung sehingga banyak peserta mengaji yang tidak datang.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Monitoring sekaligus membantu pelaksaan kegiatan ekstrakurikuler kurikuler tari/dance di SMKN 1 Badegan dalam rangka meningkatkan kreativitas sekaligus inovasi anak anak smk. Kegiatan diikuti oleh sebagian besar ekstrakurikuler tari/dance, di SMKN 1 BADEGAN. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah ada sebagian yang belum memakai masker.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Mengajar di TPQ masjid Al Fattah. Mempersiapkan pamflet untuk bersih masjid. Kegiatan hari ini pada pukul 15.30 mengajar di TPQ masjid Al Fattah sampai pukul 17.00, materi yang saya ajarkan yaitu baca tulis huruf Hijaiyah, pada siswa siswi iqro 1 dan 2. Anak-anak sangat antusias sekali mengikutinya. Sebelum mulai pembelajaran saya memberikan arahan untuk siswa menaati prokes dan saya memberikan handsainitaizer kepada siswa siswi untuk memakainya. Kemudian pada pukul 18.30 saya ke tempat laminating untuk mempersiapkan pamflet yang digunakan untuk bersih Masjid sekaligus kerja bakti bersama warga sekitar. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Waktu mengajar siswa sangat terbatas.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Melanjutkan jam tambahan kepramukaan bagi peserta didik tingkat Penegak. Hari ini menginjak hari ke lima bahwasannya melanjutkan progam jam tambahan bagi para peserta didik untuk jenjang penengak, di hari ini dilakukannya jam tambahan pada pukul 15.30 – 16.45 dengan materi scouting skill dimana para peserta didik jenjang penegak diberi arahan serta pencerahan terkait dengan keanekaragaman skill dalam kepramukaan yang nantinya akan menjadi wawasan luas bagi para peserta didik. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Suasana siang menjelang sore hari ini terbilang mendung sehingga proses pembelajaran jam tambahan belum begitu maksimal sehingga di lanjutkan esok nya mengingat kesehatan para peserta didik juga diutamakan dan yang paling utama mengingat serta meninjau musim pancaroba yang kita alami serta masih maraknya wabah yang ada.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Mendata/membuat list aset dan survei ke tempat peternakan ayam potong. Membuat list/mendata aset yang telah didapatkan melalui observasi, wawancara, survei selama hari pertama KPM hingga hari ke-6 pelaksanaan KPM. Selain itu, hari ini juga melakukan survei dan sedikit wawancara serta membantu memberi minum dan makan ayam bersama pemilik peternakan pada pukul 16.00-16.45. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Informasi/data yang didapatkan masih kurang.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Menjaga Wartel (Warung Telepon). Melayani telepon santri untuk menghubungi orang tua atau wali, adapun fasilitas yang disediakan telpon biasa dan telpon via whatsapp guna melepas rindu bagi santri dan orang tua meski tidak dapat bertemu namun masih bisa untuk bertatap wajah melalui media online. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 99%. Kendala utamanya adalah Jaringan yang kurang lancar.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Kegiatan kerja bakti membersihkan Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan, dan mengajar santri-santri TPA/TPQ di Mushola Ar-Rohimun. kegiatan pada hari ini saya dan teman Kelompok KPM DDR 2021 melaksanakan kerja bakti membersihkan Mushola Ar-Rohimun Desa Belotan yang dilakukan pukul 15.00 WIB. Dan kemudian mengajar TPA/TPQ santri Mushola Ar-Rohimun pada pukul 15.30, selain membaca iqro’ dan Al-Qur’an santri juga berlatih menghafal surat-surat pendek yang mana dapat memudahkan santri dalam belajar menghafal surat-surat. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah terdapat santri yang belum lancar dalam membaca iqro’/Al-Qur’an.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Kerja bakti dan membersihkan pekarangan rumah bibit kelompok wanita tani (KWT), desa mojorejo dan lanjut istirahat bersama dengan ibu KWT dengan musyawarah tentang tanaman KWT. Kerja bakti dan membersihkan pekarangan rumah bibit kelompok wanita tani (KWT), desa mojorejo mulai pada jam 08.00-11.30 di lanjut dengan istirahat bersama dengan ibu KWT dan musyawah ringan bersama. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah di tempat kebunnya. kebanyakan masih tanaman sayur atau keperluan dapur. untuk buah dan obat alami belum memadahi. dan banyak juga tanaman yang perlu di taruh di rak. Akan tetapi belum ada bahan yang lengkap.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Rapat dan latihan Banjari grup Habsyi Syifaul Qulub. Pada hari keenam KPM DDR ini saya mengikuti rapat dan juga latihan Banjari grup Habsyi Syifaul Qulub yang ada di desa saya. Group ini sudah dirintis 1 tahun yang lalu, namun seiring berjalannya waktu grup ini kurang aktif. Hal tersebut dikarenakan mereka mulai terpecah belah, banyak kegiatan-kegiatan lain yang menyibukkan mereka. Dan mulai hari ini grup ini mulai dibentuk kembali, mulai diperbaiki kembali. Salah satu hasil musyawarah tadi mereka semua sepakat bahwa latihan Banjari akan dilaksanakan satu Minggu sekali, tepatnya pada Selasa malam pukul 08.00 sampai pukul 10.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Masih ada beberapa orang yang belum hadir.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Melakukan kegiatan kerja bakti bersih-bersih mushola Ar Rohimun Belotan dan mengajari TPA anak-anak sekitar mushola Ar Rohimun Belotan. Pada pukul 15.00 WIB saya dan teman-teman KPM DDR 2021 melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan sekitar mushola Ar Rohimun Belotan kemudian dilanjutkan pada pukul 15.30 WIB mengajar TPA anak-anak yang ada di sekitar mushola Ar Rohimun Belotan dengan tema mudahnya belajar menghafal surat-surat pendek. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Masih banyak ditemukan anak yang belum dapat mengaji dengan fasih dan benar.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Mengambil singkong dikebun untuk dijadikan bahan makanan, proses menghaluskan untuk dijadikan jajanan pasar (lentho, ongol-ongol, dan rimbil), dan belajar bersama beberapa anak. Mengambil singkong di kebun untuk dijadikan jajanan (08.30-09.30). Proses menghaluskan singkong untuk dijadikan jajanan atau cemilan rumahan (lentho, ongol-ongol, dan rimbil) dengan tujuan untuk belajar dan menambah pengalaman dari tetangga(10.00-11.30). Belajar bersama beberapa anak (13.00-15.00). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Tidak bisa memperoleh dokumentasi secara maksimal.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Pendampingan anak belajar mengaji. kegiatan pada hari ini di tutup dengan pendampingan belajar mengaji pada anak sekitar kos pada jam 18:30- 19:20. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 89%. Kendala utamanya adalah harus menamba kesabaran misal ketika membenarkan bacaan yang salah, rewel, dan kurang memperhatikan.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Membuat kripik muntul, singkong, pisang dan talas. Alhamdulillah, KPM DDR hari ini yang ke enam membantu bu de membuat beberapa macam kripik dari pengupasan lalu diparut kemudian di goreng, lalu pengemasan. untuk dijual dan ditaruh dibeberapa toko.kemudian untuk sisanya saya menjual kripik tersebut dengan sosial media atau akun bisnis. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keenam KPM DDR ini adalah Mengunduh buah pepaya yang sudah matang di kebun untuk dijadikan sebagai es buah. Memanen/mengunduh pohon pepaya, mengambil & membuang pohon pepaya yang sudah busuk. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keenam ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Terdapat pohon pepaya yang sudah busuk.

#5 – Hari Kelima Penuh Warna

Lokasi KPM DDR, 9 Juli 2021. Pelaksanaan KPM DDR Kelompok 52 pada hari kelima ini penuh warna. Mulai ada yang ikut membantu memasak di rumah kepala desa, membantu pembangunan pondok, bagi-bagi masker, bimbingan belajar, latihan istighosah, survei kebun kopi, hingga survei ternah kambing dan ayam di rumah warga. Silatuahmi dengan masyarakat tetap terlaksana dengan senantiasa mengedepankan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19. Berikut adalah cerita keseruan kegiatan KPM DDR Kelompok 52 pada hari kelima.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL. Alhamdulillah disetiap pagi saya mengawali pagi dengan secangkir kopi dan sambil menunggu waktu untuk melanjutkan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Kegiatan tersebut saya lakukan setiap hari mulai pagi jam 7 hingga sore hari pukul 4 sore. Dan setelah jamaah sholat Maghrib juga mengikuti kegiatan yang telah berjalan selama dipondok al hasan yaitu setoran mengaji kepada ustadz masing-masing. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Banyak nya anggota yang masih terdampak cuaca dingin dan masih menjalani perawatan medis.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah 1. mengunjungi para kader posyandu; 2. pembagian masker. 1. posyandu di desa krajan 1 memiliki setidaknya 5 kader dari kalangan ibu-ibu yang kami jadikan narasumber. kami bersilaturahmi kerumah salah satu kader yakni ibu ketua posyandu pada pukul 09.00-11.00; 2. menanggapi covid-19 yang melonjak kami mengadakan pembagian masker di jalanan dan dirumah warga. yang kami lakukan sekitar pukul 13.00-15.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah sinyal, dan jalan berlubang.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah 1. Melanjutkan kegiatan untuk bersilaturrahmi ke tokoh masyarakat; 2. Membantu Warga. Kegiatan yang pertama pada pukul 09.00-10.00 yaitu kelompok kami masih melanjutkan tahap inkulturasi dengan silaturrahmi dan mengujungi tokoh masyarakat di desa Mojorejo,guna mengetahui lebih luas mengenai seluk beluk dan kondisi desa tersebut. Selanjutnya turut membantu warga untuk memetik kacang panjang dikebun untuk dijadikan sayur dan sebagian lagi untuk dijual. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Proker yang seharusnya dapat segera terlaksana, masih tertunda karena adanya PPKM darurat yg diterapkan oleh pmerintah.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Sowan dan bagi masker. Berkunjung kerumah salah satu pengurus posyandu untuk menanyakan kegiatan sebelum pandemi dan saat pandemi yang dilakukan pukul 09.00-11.00; Bagi-bagi masker kepada warga masyarakat setempat dilakukan pukul 13.00-24.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jalan agak rusak.

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Yasin dan tahlil. Saya mengikuti kegiatan masyarakat berupa kirim doa yasin dan tahlil. Biasanya kegiatan rutinan yasinan dilaksanakan pada hari sabtu untuk jamaah remaja, dan hari ahad untuk jamaah ibu-ibu. Berhubung kali ini permintaan dari sohibul bait yang memiliki hajat ingin mengirim doa untuk almarhum yang belum lama meninggal maka jamaah melaksanakannya pada hari ini, baik jamaah yasinan remaja maupun jamaah yasinan ibu-ibu. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Berjemur. Hari ini saya berjemur selama 30 menit. Kemarin saya tanya ke dokter jam-jam berapa saja yang baik buat berjemur. Beliau menjawab jam enam sampe jam tujuh lakukan selama 30 menit. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketlima ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Masih pemulihan.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah 1. Sowan ke posyandu dan, 2. Bagi-bagi masker. 1. Mengunjungi serta silaturrahmi ke tempat pengurus posyandu untuk menanyakan kegiatan apa saja yang telah dilakukan dari sebelum pandemi dan setelah pandemi. Dan juga menanyakan mengenai perkembangan anak balita, kendala dan lain sebagainya yang berhubungan dengan balita tersebut pukul 09.00 s.d 11.00. 2. Bagi-bagi masker ke warga lingkungan masyarakat sekitar pukul 13.00 s.d 14.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Jalan menuju tempat pengurus posyandu yang lumayan rusak.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Ro’an. Ro’an melanjutkan kemarin bersih tempat yang nantinya akan digunakan untuk lapangan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 90%.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Mengajar kitab. Melaksanakan kegiatan bahtsul kutub dalam rangka mendalami ilmu nahwu dan sorof. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Kunjungan ke tokoh akademisi lingkungan masyarakat dan kegiatan satgas covid. Kegiatan yang dilakukan silaturrohmi kepada tokoh akademisi di lingkungan masyarakat pada pukul 08.30 – 10.00 dan pemberian bantuan sembako pada masyarakat yang sedang isoman pada pukul 07.00 – 07.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Sedikit adanya pembatasan mikro atau ppkm.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah 1. Mengadakan halaqoh halaqoh muhafadzoh nadom imrity dan alfiyah; 2. Mengadakan pelatihan kaligrafi; 3. Mengadakan pelatihan hadroh. 1. Kegiatan halaqoh muhafadzoh dilaksanakan setiap hari jumat setelah sholat subuh sekiranya pukul 5.30 sampai 6.30 yang wajib diikuti oleh santri baik putra maupun putri dengan terdiri dari beberapa kelas dan halaqoh santri; 2. Kegiatan pelatihan kaligrafi adalah kegiatan yang dikhususkan untuk para santri yang ingin mengembangkan skill menulis arabnya, kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jumat pukul 08.00 sampai 10.30; 3. Kegiatan pelatihan hadroh dilaksanakan setiap hari jumat malam sabtu yang diiukti oleh santri putra yang bertempat di gedung madrasah mulai pukul 21.00 sampai 22.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kurangnya peserta kpm yang ikut ke lapangan sehingga sulit mengkondisikan santri.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Binjas Anak-anak remaja sekaligus pelatihan PBB untuk remaja putri di sekitar masjid al-muttaqin badegan. Kegiatan ini diikuti anak anak putri remaja masjid al-muttaqin, kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah imunitas tubuh di masa pandemi ini, karena remaja saat ini kurang berolahraga. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Remaja putra belum bisa ikut pelatihan.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Produksi bekatul untuk kesehatan. Hari ini pada tanggal 9 Juli 2021 kegiatan hari ini mulai pukul 10.15 saya ke rumah pemilik produksi bekatul untuk kesehatan. Disana saya membantu mengayak bekatul agar lembut. kemudian saya juga membantu menggoreng bekatul, sehingga bekatul siap dikonsumsi untuk kesehatan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Jumat Sehat Barokah. Hari ini hari ke empat KPM DDR di Pondok Pesantren Al iman, dikarenakan hari ini hari libur para santri wati maka progam yang seharusnya yakni menindak lanjuti progam yang kemarin yakni memberikan jam tambahan pada santriwati maka hari ini adalah hari Jumat Sehat maka seluruh santri diberikan hak nya yakni membugarkan dan menyehatkan dengan berbagai macam olahraga yang ada akan tetapi di semarakan dengan senam sehat jumat masalah di lapangan yang diikuti oleh seluruh santriwati tak terkecuali. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 95%. Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Memanen kopi di kebun dan mengajar mengaji. Membantu panen kopi bersama salah satu pemilik kebun kopi dan sedikit melakukan wawancara pukul 09.45-11.00 WIB. Selain itu, hari ini juga mengaji bersama anak-anak pukul 18.00-19.00 WIB. Belajar makhorijul huruf dan belajar tajwid mad thabi’i. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Masih banyak anak yang belum hafal huruf hijaiyah sehingga mengajinya sedikit sulit dan memakan waktu yang cukup lama.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Menjaga Unit Simpan dan Pertelekomunikasian. Melayani transaksi santri dalam menabung. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 99%. Kendala utamanya adalah Minimnya kesadaran santri dalam menabung.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Belajar bersama Anak-anak disekitar Mushola Ar-Rohimun Belotan. kegiatan pada hari ini yang di mulai pada pukul 09.00 saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 mengadakan belajar bersama dengan anak-anak di sekitar desa Belotan, yang mana terdiri dari berbagai anak mulai dari Kelas 1-5 SD/MI, tema bimbingan untuk kelas 1 dan 2 yaitu belajar bahasa Inggris tentang buah-buahan dan Matematika belajar perkalian, sedangkan untuk kelas 3,4,5 belajar tentang materi jam / cara membaca jam dan menit. Adapun kegiatan belajar bersama ini digunakan untuk mengisi waktu luang mereka agar tidak hanya bermain dengan teman-temannya akan tetapi juga untuk belajar disaat Pandemi seperti sekarang. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Anak-anak belum fokus dalam belajar bersama, sebagian masih ada yang mengobrol dengan temannya.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Pertemuan salah satu tokoh masyarakat bantengan jetis ponorogo, serta ikut aktifitas masyarakat yaitu giling kunyit buat di keringin dan di lanjut ikut sholat jum’at berjamaah di masjid setempat dengan mematuhi prokes. Pertemuan salah satu tokoh masyarakat bantengan jetis ponorogo jam 09:10-10:00, di lanjut ikut aktivitas warga jam 10:15-11:15 dan di lanjut sholat jumat di masjid setempat sampai selesai. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Proker yang seharusnya sudah terlaksana, masih tertunda karena adanya PPKM darurat yang diterapkan oleh desa jetis ponorogo.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Belajar serta latihan Istighosah bersama masyarakat setempat. Mengikuti latihan serta belajar istighosah bersama masyarakat setempat. Istighosah adalah doa bersama yang bertujuan untuk meminta pertolongan dari Allah SWT ketika keadaan sukar dan sulit. Dengan bantuan pengurus masjid alhamdulilah saya bisa melaksanakan kegiatan yang telah saya agendakan yakni belajar serta latihan Istighosah di masjid tempat tinggal saya. Kegiatan ini kami laksanakan mulai pukul 18.15-19.00 yang bertujuan agar para masyarakat lebih lancar dalam membaca istighosah. Melalui istighosah tentunya kita mengharapkan ridho dari Allah SWT agar mengijabah doa-doa hamba-Nya yang memohon pertolongan kepada-Nya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Alhamdulillah tidak ada kendala yang berarti.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Belajar bersama dengan anak-anak sekitar mushola Ar Rohimun Belotan. Pada pukul 09.00 saya dan teman-teman KPM DDR 2021 bersama anak-anak sekitar mushola Ar Rohimun Belotan melakukan kegiatan belajar bersama untuk mengisi waktu luang mereka agar waktu luangnya tidak digunakan untuk bermain dengan teman-teman tapi juga untuk belajar bersama. Adapun tema bimbingan belajar untuk kelas 1 dan 2 yaitu belajar bahasa Inggris tentang buah-buahan dan untuk kelas 3, 4 dan 5 yaitu belajar materi tentang jam (cara membaca jam dan menit). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Beberapa anak belum fokus untuk mengikuti bimbingan belajar.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Membersihkan masjid sebagai rutinan jum’at bersih, membantu mempersiapkan (masak) untuk acara sosialisasi, mengikhti acara sosialisasi di kantor desa. Membersihkan masjid sebagai rutinan jum’at berkah (07.20-08.30); Membantu mempersiapkan (masak) dirumah bu lurah untuk acara sosialisasi terkait desa wisata (09.00-10.30); Mengikuti acara sosialisasi di kantor desa Bareng (13.00-15.00). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Tidak sepenuhnya bisa mengikuti acara sosialisasi, dikarenakan harus membantu di belakang mempersiapkan prasmanan.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah mengembalikan data pengambilan kaos KPM kelompok -52 ke ruang LPPM, dan mengajar mengaji di masjid hidayatul ummah. pagi sekitar pukul 9:15-9:20 saya pergi ke ruang LPPM untuk mengembalikan data pengambilan kaos, selanjutya ketika malam saya mengajar ngaji ke masjid hidayatul ummah pada jam 18 -00 sampei adzan isya berkumandang. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 99%. Kendala utamanya adalah sinyal harus stabil.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Mengajar. Alhamdulillah kegiatanKPM DDR hari ke lima ini adalah seperti biasa berwudhu, lalu masuk kemasjid diawali dengan doa sebelum belajar,lalu dilanjutkan dengan meghafal doa sehari hari yaitu doa masuk masjid dan doa keluar masjid, dengan sangat antusias ya anak anak mengafal nya sangat cepat sehingga anak anak tersebut langsung setoran hafalan kesaya. Dilanjutkan dengan menghafal secara bersama sama. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 100%.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari kelima KPM DDR ini adalah Survei kandang ternak ayam dan kambng. Memberi makan kambing, mengamati ayam ayam apakah perawatannya sudah baik. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari kelima ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Ukuran kandang kurang besar untuk tempat kambingnya.

#4 – Lanjutkan Silaturahmi Untuk Menemukenali Potensi

Lokasi KPM-DDR, 8 Juli 2021. Aktivitas utama hari keempat mahasiswa peserta KPM DDR kelompok 52 cukup bervariasi. Namun, silaturahmi dalam rangka memetakan dan menemukenali aset dan potensi masih mendominasi. Kegiatan ini penting dilakukan sebagai tahapan awal dari serangkaian pelaksanaan KPM berbasis ABCD. Tujuannya adalah mampu mendapatkan informasi aset apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai modal dalam pemberdayaan masyarakat. Simak keseruan aktivitas mahasiswa KPM kelompok 52 berikut ini.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL dan sholawat diba’i bersama santri PPTQ AL HASAN. Alhamdulillah, di pagi yang sangat cerah saya mengawali hari dengan kegiatan membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN sampai sore menjelang dan dilanjutkan dengan kegiatan rutinan setiap malam Jumat yaitu sholawat diba’i yang dilantunkan oleh para santri PPTQ AL HASAN. Sholawat diba’i tersebut menjadi penutup acara dihari ini. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Alhamdulillah untuk hari ini berjalan dengan baik dan tidak ada kendala.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah 1. berkunjung kerumah takmir masjid 2. berkunjung ke rumah pak rt. 1. berkujung ke rumah takmir masjid dengan niatan untuk bersilaturahmi dan menanyakan seluk beluk masjid sebagai sarana beribadatan di daerah krajan ngrayun dilakukan pada pukul 09.00-10.002. berkunjung ke rumah pak rt untuk bersilaturahmi dan menanyakan apa saja kegiatan yang sering dilakukan masyarakat di masa sebelum pandemi dan saat pandemi ini, serta menanyakan kendala yang saat ini dirasakan warga khususnya dalam bidang pendidikan dan keagamaan yang dilakuakan pukul 13.00-14.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah 1. jalan yang perlu perbaikan. 2. peralatan di masjid yang kurang lengkap.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah 1.Penyampaian proker dan jadwal kegiatan KPM-DDR kepada pemerintah desa Mojorejo. 2. Silaturahmi ke rumah pengurus taman baca. 3. Berkunjung ke TPQ Al-Karim. Kegiatan pertama pada pukul 09.00-11.00 yaitu berkunjung ke Balai Desa Mojorejo untuk berdiskusi mengenai proker dan jadwal kegiatan yang akan kelompok kami jalankan selama melakukan KPM-DDR, disini kami mendapatkan arahan-arahan serta bimbingan dari Bapak Kepala Desa agar kegiatan KPM-DDR yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 ini tetap berjalan lancar. Selain itu kami juga minta surat izin tertulis dari pemerintah desa Mojorejo/satgas covid setempat. Selanjutnya pukul 11.00-11.30 kami bersilaturahmi ke rumah pengurus Taman Baca yang ada di desa Mojorejo. Pukul 11.30-12.30 kami berkunjung ke TPQ Al-Karim sekaligus untuk meminta izin kepada pengurus TPQ, setelah itu melaksanakan sholat Dhuhur. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Tidak bisa bertemu langsung dengan Kepala TPQ Al-Karim.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Berkunjung kerumah pak RT dan Takmir masjid. Berkunjung kerumah Takmir masjid untuk silaturahmi dan menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan latar belakang masjid pada pukul 09.00-10.00. Berkunjung kerumah pak RT untuk silaturahmi dan menanyakan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh warga masyarakat selama musim pandemi dan sebelum pandemi yang dilaksanakan pukul 13.00-14.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Alat kebersihan masjid yang kurang memadai (masih sedikit).

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Mengajar ngaji. Di hari ke 4 KPM DDR saya melakukan aktivitas mengajar anak anak mengaji di Masjid Al Jariyyah Desa Sayutan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Tidak ada kendala semua santri TPQ sangat antusias di dalam belajar mengaji.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Konsultasi dokter via WA. hari ini panas saya sudah turun namun indera penciuman saya berkurang. Jadi saya mengkonsultasikan pada dokter. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Masih pemulihan.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah 1.Berkunjung kerumah takmir masjid . 2. Berkunjung kerumah bapak rt. 1. Berkunjung kerumah takmir masjid serta bersilaturrahmi dan juga menanyakan tentang seluk beluk masjid yang digunakan sebagai suatu tempat beribadahan di krajan ngrayun pukul 09.00 s.d 10.00. 2. Berkunjung ke rumah pak rt untuk bersilaturrahmi serta menanyakan kegiatan sosial keagamaan pada masa sebelum pandemi dan setelah pandemi. Serta kendala warga dalam bersosial keagamaan yang telah dilakukan saat ini pukul 13.00 s.d 14.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah 1. Kendala jalan dan juga kurangnya peralatan masjid.2. Dalam menangkap informasi saat ini.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Ro’an dan sholawat. Ro’an atau kerja bakti untuk pembangunan gedung Madrasah dan Kamar mandi, serta sholawat bersama di malam jum’at. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah Banyak yang sakit flu dan kecapek an.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah penyetoran program kerja KKN dan scadul ,surat izin satgas, kegiatan silaturrohmi di taman baca, silaturrohmi ke TPQ AL-KARIM. penyetoran program kerja KKN dan scadul ke perangkat desa, meminta surat izin satgas pada pukul 09.00 – 11.00, kegiatan silaturrohmi di taman baca pukul 11.00 – 11.30 dan , silaturrohmi ke TPQ AL-KARIM 11.30 – 12.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah Keterlambatan teman karena jarak tempuh.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah 1. Mengadakan pelatihan Wellding (pengelasan). 2. Merealisasikan kegiatan pengembagan potensi santri dengan sholawat berzanji. 3. Berpartisipasi dalam kegiatan TPQ. 1. Kegiatan wellding diikuti oleh sebagian santri putra yang berminat dengan kegiatan wellding, alat lasnya sendiri hibah dari kementrian perindustrian yang sudah lama tidak digunakan oleh karena itu pada KPM kali ini kami mengembangkan dan melaksanakan lagi pelatihan wellding yang dilaksanakan 1 kali seminggu mulai dari jam 8 sampai jam 11 siang. 2. Kegiatan sholawat barzanji adalah bentuk realisasi dari perwujudan kekreatifan santri dalam menabuh banjari dan mengolah vokal, kegiatan banjari adalah salah satu kegiatan yang ada di setiap malam jumat selain kegiatan muhadloroh dan sholawat simtudurror yang dimulai pukul 19.30 sampai 21.00 yang diikuti oleh semua santri putra. 3. TPQ Al Barokah dimulai pukul 14.30 sampai 16.00, kegiatan nya berupa sorogan Al Quran dan doa doa serta tata cara sholat yang diikiti oleh anak anak kecil mulai umur 5 tahun sampai 10 tahun m yang bermukim disekitar pondok dengan memperhatikan ptotokol kesehatan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah 1. Masih sedikit santri yang berminat pada pelatihan wellding. 2. Belum adanya generasi penerus dari penabuh banjari.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Membantu pelatihan anak pramuka dalam rangka meningkatkan kreatifitas dalam belajar. Kegiatan ini diikuti oleh anak anak pramuka SMK negeri 1 Badegan ponorogo, dalam rangka mengisi kegiatan pandemi,. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Banyak yang tidak masuk.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Sowan pengurus TPQ masjid Al Fattah. Mendampingi mengajar ngaji di masjid Al Fattah. Mengajar les mengaji privat. Kegiatan hari ini pada pukul 07.45 saya sowan ke pengurus TPQ masjid Al Fattah yang kemarin kesana belum ketemu. Setelah itu di arahkan sore tadi masuk, kemudian pukul 15.45 saya masuk membantu mengajar ngaji di masjid Al Fattah. Kemudian pada pukul 18.00 saya mengajar les ngaji private, membenarkan bacaan yang masih salah seperti dalam tajwidnya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Ketika sowan pengurus masjid Al Fattah lupa untuk mendokumentasikan. Masih sulit untuk mengkondisikan siswa TPQ untuk tidak ramai.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah menabahan jam materi tambahan bagi para peserta didik. hari ini hari ke tiga untuk penambahan jam materi pada bidang keprmukaan di lini baris berbaris dalam arti kata disini kita mengjarkan kepada para peseta didik agar berdikari, berdisiplin guna menyongsong kehidupan di tengah hiruk pikuk masyarakat, jadi hari ini kita menekankan di materi baris berbaris agar mereka para generasi penerus bangsa bisa disiplin, berdikari dan tanggap. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 65%. Kendala utamanya adalah waktu tambahan yang sempit jadi pemraktekkan bagi para peserta didik kurang maksimal, maka dari itu harus istiqomah dala melatihnya dan berkomitmen menggunakan tabahan waktu se maksimal mungkin.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Mendampingi/membantu peternak kambing memberi makan dan mendampingi anak mengaji. Pukul 16.30-17.10 mendampingi/membantu peternak kambing memberi makanan dan perawatannya. Setelah selesai, dilanjutkan mendampingi anak mengaji (baca tulis al-Qur’an) pada pukul 18.00-18.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah cuaca kurang bersahabat (gerimis) menjadikan cukup banyak anak yang tidak masuk mengaji.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Menjaga Warung Telepon Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Melayani komunikasi santri melalui warung Telepon Pondok Pesantren Darul Huda Mayak, dengan memfasilitasi melalui handphone dan handphone berbasis android guna memudahkan santri untuk menghubungi wali agar bisa bertatapan meski melalui perantara media online. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 99%. Kendala utamanya adalah Jaringan internet dan jumlah handphone Android yang terbatas.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Memetik singkong (ubi kayu) dan memetik daun ketela untuk dimasak. Kegiatan hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 pergi ke kebun milik salah satu petani setempat untuk melakukan kegiatan membantu memetik singkong (ubi kayu) untuk di olah dirumah adapaun olahanya dapat berupa (singkong rebus, kripik singkong) dan memetik daun singkong untuk dimasak/disayur, yang dilakukan mulai pukul 15.20-selesai. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Kesulitan dalam memetik singkong dan harus membutuhkan cangkul karena tanahnya yang keras dan kering.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Penyetoran scedul kegiatan ke kepala desa yang akan di laksanakan selama KPMDDR, Meminta Surat izin dari pemerintah desa mojorejo/satgas covid, di lanjut sowan ke tempat taman baca, dan tempat TPQ. Penyetoran scedul kegiatan ke kepala desa yang akan di laksanakan selama KPMDDR, Meminta Surat izin dari pemerintah desa mojorejo/satgas covid jam 09.00-11.00, Sowan ke tempat taman baca jam 11.00-11.30, Sowan ke tempat belajar/TPQ jam 11.30-12.30. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah tidak bertemu dengan pengasuh TPQ dan di hadiri oleh istri dari abah Yai.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Pelatihan Barjanji kepada Ibu-ibu serta anak-anak. Melakukan pelatihan Barjanji kepada anak-anak dan ibu-ibu disekitar mushola tempat tinggal saya. Yang kami laksanakan setelah habis sholat Maghrib sampai pukul 19.00 yang bertempat di mushola Baiturrahim. Hari ini merupakan hari pertama kami memulai kegiatan tersebut. Dan untuk selanjutnya kami jadwalkan pada malam Jum’at untuk menjadikannya sebagai rutinitas. Barjanji merupakan lantunan-lantunan sholawat yang berisikan alunan-alunan syair untuk menyanjung nabi Muhammad Saw, di tempat tinggal saya sebenarnya rutinan Barjanji sudah ada namun seiring perkembangan zaman, rutinan tersebut mulai tergeser dengan gadget. Anak-anak lebih memilih gadget tinimbang belajar Barjanji. Dengan itu saya ingin menghidupkan kembali rutinitas tersebut, harapan saya rutinitas tersebut tidak hilang begitu saja. Disini yang paling utama adalah para anak, karena mereka adalah para penerus generasi yang akan datang. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Kurangnya buku Barjanji dan kurangnya tutor yang lebih berpengalaman tentang lagu-lagu Barjanji.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Memetik daun ketela dan ketela (ubi kayu) untuk diolah di rumah. Pada pukul 15.30 saya dan teman-teman KPM DDR 2021 pergi ke kebun untuk melakukan kegiatan memetik daun ketela dan ketela (ubi kayu) untuk diolah di rumah. Adapun olahan dari ketela (ubi kayu) berupa tape ketela (pohong), ketela rebus, dan ketela goreng. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 85%.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Kerja bakti dan menanam sayur beserta mina padi bersama ibu kelompok wanita tani, membantu pemilik sapi perah, dan mendampingi ngaji anak-anak. Kerja bakti menanam sayur dan mina padi (tandur) bersama Kelompok Wanita Tani dan juga di datangi oleh dinas pertanian ( 08.00-12.30). Membantu warga pemilik sapi perah dan mengantar susu ke pengepul (15.15 – 16.30). Mendampingi ngaji anak-anak (18.00-18.50). Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah membantu teman dalam melaksanakan KPM, pendampingan teman dalam pengoprasian laptop. pada jam 10:00-11:49 membantu teman KPM dengan mendokumentasikan kegiatan nya dalam foto dan video,selanjutnya pada jam 11:49-13:30 membantu teman dalam pengoprasian komputer. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah mengejar waktu luang narasumber.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Mengajar. Kegiatan hari ini KPM DDR. Di mushola menghafalkan surat pendek (al-ikhlas,an-nas dan menjelaskan hukum dari setiap ayatnya dari surat surat pendek tersebut. Dari 15 anak anak tpq ada beberapa yang belum memahami hukum tajwidnya. Dari cara membacanya. Tapi antusias dari anak anak sangat bagus. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Ada beberapa anak anak belum bisa memahami hukum dari setiap ayat.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari keempat KPM DDR ini adalah Membantu ibu PKK untuk mengisi kegiatan ibu ibu rt1 RW 1, Membuat lebel produk olahan singkong. Mengisi nama ibu2 warga RT 1 RW 1, mendesain & membuat nama yang menarik untuk produk olahan singkong agar memiliki nilai jual yang bagus terhadap olahan singkong. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari keempat ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Terdapat nama2 yang terlewat saat mengisi buku kegiatan ibu2 RT 1 RW 1, Saat mendesain Lebel terkendala di laptop karena laptop yang loading.

#3 – Inkulturasi Melalui Silaturahmi dan Observasi

Lokasi KPM DDR, 7 Juli 2021. Hari ketiga pelaksanaan KPM DDR kelompok 52 di dominasi dengan kegiatan inkulturasi melalui silaturahmi dan observasi. Hal ini dilakukan untuk menemukenali aset apa saja yang nantinya akan dijadikan sebagai modal dalam melaksanakan KPM berbasis Asset Based Community Development (ABCD). Berikut adalah cerita keseruan pelaksanaan KPM DDR hari ketiga mahasiswa kelompok 52.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam


Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Semaan rutinan dimakam salah satu sesepuh didesa Patihan wetan dan melanjutkan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Sebelum fajar menyingsing sudah dibuka kegiatan rutinan yang biasa dilakukan pada hari rabu wage oleh santri PPTQ AL HASAN dimakam salah seorang sesepuh didesa Patihan wetan yaitu makam almagrfulloh mbah sayid ahmad atau yang biasa dikenal dengan mbah ndalem oleh warga Patihan wetan. Dan dilanjutkan dengan kegiatan harian yang bermula pagi dan berlanjut sampai sore hari yaitu membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN Patihan wetan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 95%. Alhamdulillah kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah 1. berkunjung ke rumah pembuatan opak singkong. 2. berkunjung ke tempat bimbel mapel dan keagamaan. 1. kegiatan berkunjung ke saah satu pembuat opak singkong dari krajan ngrayun sebagai salah satu usaha kreatif masyarakat yang dimulai dari pukul 09.00-11.00. 2. mengunjungi bimbel mapel dan keagamaan milik ibu Asih dimualai pada pukul 13.00-16.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah akses jalan yang memerlukan uluran tangan dari dana desa dan pemerintah.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Musyawarah Kelompok. Kegiatan musyawarah kelompok pada pukul 08.30-11.00, dalam musyawarah tersebut membahas tentang jadwal kegiatan KPM-DDR yang akan dilakukan di desa Mojorejo dan membahas ulang tentang proker yang telah dibuat sebelumnya,serta membuat rengrengan anggaran yang akan diperlukan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Aktivitas bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Sowan ke rumah pembuatan opak singkong dan bimbingan belajar. berkunjung ketempat pembuatan opak singkong di salah satu rumah masyarakat untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dalam pembuatan opak singkong dan kendalanya. Yang dilaksanakan pada pukul 09.00-11.00. Berkunjung ketempat salah satu pengajar bimbel dan membicarakan hal-hal yang perlu untuk dibicarakan. Pada pukul 13.00-15.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Minum obat dengan air bioglass. Hari ini saya meminum obat dengan resep yang telah diberikan oleh dokter. Disamping itu saya minum air doa bioglass yang dikasih sama ummi jannah insyaa allah bibarakatil doa beliau penyakit saya akan segera sembuh. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 50%.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Tempat pembuatan opak singkong dan tempat bimbingan belajar. Mengunjungi tempat pembuatan Opak singkong disalah satu masyarakat, untuk menanyakan tentang proses pembuatan, bahan bahan, varian, dan kendala dalam proses pembuatan opak yang terbuat dari singkong pukul 09.00 s.d 11.00. Mengunjungi tempat Bimbingan belajar dirumah ibu Asih untuk menanyakan tentang kegiatan dalam proses mengajar, proses pelaksanaan dan hal lainnya yang berhubungan dalam kegiatan bimbingan belajar tersebut pukul 13.00 s.d 15.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Ro’an dan Khataman. Ro’an bersama seluruh mahasiswa semester 7 yang KPM di PPTQ AL HASAN, yang bertujuan untuk pembangunan Gedung Madrasah Diniyah dan Kamar mandi yang nantinya akan digunakan untuk ngaji dan pertemuan. Dan meneruskan acara khataman Rabu Wage. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Khataman rutinan rabu pahing binadhor di maqam mbah dalem. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk menanankan Cinta al-qur’an. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%.

SAIFUL BAHRI (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Musyawarah program kerja KKN, pengambilan kaos dan buku panduan KKN secara individu. Musyawarah program kerja KKN, pengambilan kaos dan buku panduan yang dilakukan pada pukul 09.00 – 11.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah jarak tempuh dan kesibukan.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah 1. Mengikuti kegiatan pembangunan gedung madrasah sebagai upaya terciptanya madrasah Al Barokah yang memadai sarana dan prasarana. 2. Mengadakan kegiatan sorogan Al Quran yang di ikuti oleh santri putra. 1. Kegiatan pembangunan madrasah berupa pengecoran tiang bangunan lantai 2 madrasah yang dilaksanakan pukul 07.00 sampai pukul 12.00 yang diikuti oleh santri putra sebagai upaya bakti diri kepada pondok. 2. Kegiatan sorogan Al Quran dilaksanakan pada hari senin sampai sabtu yang diikuti santri putra kelas 1 dan 2 madrasah yang dimulai setelah sholat asyar. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah 1. Kendala pada saat pembangunan adalah kurangnya personel dari teman-teman KPM sehingga memperlambat pengerjaan bangunan. 2. Kendala pada saat sorogan Al Quran adalah kurangnya partisipasi santri putra.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Kajian Qur’an sekaligus ngaji. Diikuti oleh Raja masjid al-muttaqin. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah anggota ada yang tidak hadir.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Izin takmir masjid Al-fattah. Mengajar les private. Pada pukul 16.45 saya izin kepada takmir masjid Al Fattah untuk membersihkan masjid, dan menanyakan hal-hal yang masih kurang di masjid tersebut. Kemudian pada pukul 18.15 mengajar ngaji, menyimak bacaannya, kemudian memberikan penjelasan mengenai yang salah, seperti dalam tajwidnya. . Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah kekurangan dimasjid tersebut dalam pembelajaran TPQ nya. Dan mengenai hal ini takmir menyuruh untuk tanya kepada pengurus TPQ, yang mana pada hari ini setelah dari rumah takmir ke rumah pengurus TPQ belum ketemu orangnya, sedang keluar.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Hari kedua penambahan jam tambahan untuk materi kepramukaan penggalang. Hari ini tepat hari rabu tanggal 07 bulan July 2021 , hari kedua dalam pelaksanaan KPM DDR. Disini jam tambahan dalam materi kepramukaan bagi penggalang di laksanakan pada jam 15.30 sampai 16.45 disini mereka diberi wawasan tentang berbagai macam kepramukan, cara membedakaan istilah istilah antara pramuka, keprmukaan dan berpramuka. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 45%. Kendala utamanya adalah para peserta didik masih kesulitan dalam memahami istilah yang di jelaskan mendalam.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Mengambil kaos KPM dan Survey ke tempat Usaha sabun cuci piring. Pergi survey dan sedikit wawancara ke tempat usaha pembuatan sabun cuci piring, karena pemilik usahanya tidak ada maka mengambil kaos dan buku pedoman KPM yang sudah dibawa oleh teman satu kelompok pada pukul 11.00-12.00. Kegiatan kedua yakni kembali lagi ke tempat usaha pembuatan sabun cuci piring pukul 16.30-17.30 dengan sedikit wawancara dasar, menyinggung awal terbentuknya usaha hingga proses produksi, pengelolaan dan pemasaran yang telah dilakukan. tetapi masih informasi dasar. karena kemarin sudah membuat dan masih memiliki stock yang cukup dan belum dipasarkan jadi tidak bisa melihat secara langsung proses pembuatannya. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 90%. Kendala utamanya adalah pemilik usahanya belum menjelaskan secara detailnya sehingga masih menggantung informasi yang didapatkan. selain itu, pemilik usaha cukup sibuk dan sedikit sulit untuk bertemu.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melayani santri di Unit Simpan dan Pertelekomunikasian PP. Darul Huda Mayak. Melayani santri PP. Darul Huda dalam menabung guna meningkatkan kesadaran santri dalam menabung serta penerapan hidup sederhana dan tidak boros dalam mengatur keuangan selama dipondok. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah santri cenderung boros dalam mengatur keuangannya, rendahnya minat menabung.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melakukan kerja bakti dilingkungan Mushola Ar-rohimun Belotan, sholat berjamaah, dan mengajar TPA TPQ santri-santri di Mushola Ar-Rohimun. Kegiatan pada hari ini saya dan teman kelompok KPM DDR 2021 melakukan kegiatan kerja bakti di lingkungan Mushola Ar-rohimun Belotan sebelum digunakan untuk beribadah sholat berjamaah dan mengaji santri-santri, yang dimulai pukul 14.00-14.45, selanjutnya sholat ashar berjamaah dengan warga sekitar sekaligus santri-santri TPA/TPQ dan dilanjutkan dengan mengajar santri-santri TPA/TPQ di mushola Ar-Rohimun yang diikuti oleh 10 santrinya yang dimulai pukul 15.10-selesai. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 100%. Kendala utamanya adalah kurang terkondisikan suasana santri-santri TPA/TPQ yang ramai dan bermain sendiri.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Musyawarah dan evaluasi progam kerja KPM di dukuh Bantengan jetis ponorogo dan pengambilan atribut KPM di gedung LPPM. Musyawarah dan evaluasi progam kerja KPM di dukuh Bantengan jetis ponorogo, dan pengambilan atribut KPM di gedung LPPM 09-11. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 80%. Kendala utamanya adalah menunggu peserta KPM untuk pengambilan atribut secara individu sangat lah lama.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melakukan simaan Al-Qur’an setelah sholat Maghrib. Sudah menjadi kebiasaan di lingkungan rumah saya untuk melaksanakan sholat berjamaah di mushola, khususnya pada waktu sholat magrib. Setelah sholat Maghrib selesai, biasanya para jamaah mentadarus Al-Qur’an. Namun permasalahan yang terjadi adalah masih banyak anak-anak yang tidak mau untuk belajar Al-Qur’an. Salah satu penyebabnya karena jarang adanya pendidik/ ustadz yang menyimak bacaan mereka. Oleh sebab itu, saya berusaha untuk selalu meluangkan waktu sehabis maghrib untuk menyimak serta mendampingi para anak-anak agar mereka selalu semangat serta dapat memperbaiki bacaan mereka. Hal itu biasanya kami laksanakan mulai habis maghrib sampai adzan Isya’ berkumandang. Saya berharap dengan adanya simaan Al-Qur’an ini mampu menambah rasa cinta mereka kepada Al-Qur’an dan dapat memakmurkan mushola. Aamiiin🤲🏻. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 70%. Kendala utamanya adalah letak rumah yang jauh dari mushola membuat beberapa anak kurang berminat untuk mengikuti Simaan Al-Qur’an.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Melakukan Kerja Bakti perdana di sekitar mushola Ar Rohimun Belotan dan Mengajar TPA perdana di mushola Ar Rohimun Belotan. Pada pukul 14.00 saya dan teman-teman KPM DDR 2021 melakukan kegiatan kerja bakti perdana membersihkan mushola Ar Rohimun sebelum hendak digunakan santri untuk TPA dan sholat berjama’ah. Dilanjutkan pada pukul 15.00 saya dan teman-teman KPM DDR 2021 mengajar TPA perdana di mushola Ar Rohimun Belotan dengan jumlah 10 santri, diantaranya 5 santri laki-laki dan 5 santri perempuan. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Masih banyaksantri yang mengaji tidak serius ketika TPA sedang berlangsung.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Bimbingan belajar fokus baca dan belajar pelajaran anak SD. Bimbingan belajar fokus baca pada anak yang kurang lancar dalam membaca (09.00- 11.30). Bimbingan belajar pelajaran pada anak SD (12.30-14.25). Diskusi bersama ibu ketua Kelompok Wanita Tani membahas mengenai proses penanaman sayur dan kegiatan yang akan dilakukan besok untuk kerja bakti (15.40-16. 25) . Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 95%. Kendala utamanya adalah terdapat banyak dokumentasi yang tidak bisa didapatkan, khususnya dalam diskusi karena mendadak dan tidak membawa HP.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah pengambilan kaos KPM, kelas speaking english online . pada hari ke 3 KPM kegiatan di isi dengan pengambilan kaos di Ruang LPPM pada jam 9:15- 11:00, selanjutnya mengikuti kelas speaking english online pada jam 12.00-14.00. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 98%. Kendala utamanya adalah dalam pengambilan kaos harus antri sesuai jadwal dan harus ada komunikasiyang jelas dengan anggota kelompok KPM-52 dalam pendistribusian kaos KPM, sedangkan dalam kelas speaking online dibutukan jaringan internet yang stabil.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari ketiga KPM DDR ini adalah Mengambil kaos kpm, survei ke kebun singkong dari pukul 07.00-09.30, mengajar belajar anak di lingkungan sekitar 16.00-17.00. Kebun singkong selain ada singkong juga terdapat tanaman pepaya & tanaman jeruk , mengamati tanaman singkong yang tumbuh begitu subur dan tanaman nya yang ada di kebun tumbuh dengan subur, mengambil atribut Kpm, mengajar belajar anak di lingkungan sekitar. Persentase ketercapaian tujuan kegiatan pada hari ketiga ini sebesar 85%. Kendala utamanya adalah karena musim pandemi covid jadi mengajar belajar anak di lingkungan sekitar tidak bisa banyak- banyak.

#2 – Inkulturasi Demi Misi Suci

Lokasi KPM, 6 Juli 2021. Setelah sebelumnya diberangkatkan, dihari kedua ini para mahasiswa peserta KPM kelompok 52 mulai melaksanakan tahapan KPM DDR. Sebanyak 24 mahasiswa melaksanakan kegiatan yang sangat bervariasi sesuai lokasi KPM masing-masing. Ada yang sowan perangkat desa, tokoh masyarakat, memulai bertemu dengan para siswa dan santri, dan melaksanakan kegiatan inkulturasi lainnya. Bahkan, ada salah satu yang masih berjuang melawan sakit dan berharap semoga lekas sembuh. Berikut adalah aktivitas yang dilaksanakan mahasiswa kelompok 52 di hari yang kedua, untuk mewujudkan misi suci dalam mengabdi kepada masyarakat melalui KPM DDR tahun 2021.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Membantu pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN. Ikut serta dalam kegiatan pembangunan madrasah dan TPQ di PPTQ AL HASAN untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di lingkungan PPTQ AL HASAN. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 90%. Alhamdulillah dalam kegiatan ini tidak terdapat kendala yang dihadapi.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah 1. sowan ke kantor desa krajan Ngrayun. 2. membersihkan dan merapikan masjid. 1. sowan ke kantor desa krajan Ngrayun dengan maksud bertanya aset-aset yang dapat gali dan dimanfaatkan dimulai pukul 09.00-11.00. 2. membersihkan dan merapikan masjid dimulai pukul 13.00-15.00. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Kendala utamanya adalah minim alat untuk bersih-bersih masjid.

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Silaturrahmi dan mengantarkan surat izin ke kantor Desa Mojorejo. Melakukan silaturrahmi kepada tokoh masyarakat dan mengantarkan surat izin KPM-DDR ke kantor Desa Mojorejo pada pukul 09.15-10.30. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Kegiatan berjalan lancar, akan tetapi sedikit terjadi keterlambatan waktu dari jadwal yang sudah ditentukan.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam

“Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Sowan dan bersih-bersih masjid. Pukul 09.00-11.00 sowan dengan bapak lurah di kantor balai desa guna untuk membicarakan dan menanyakan aset yang untuk di gali yang ada di lingkungan. Pukul 13.00-15.00 mengecek alat kebersihan, bersih-bersih masjid serta merapikan mukena dan sajadah. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Kendala utamanya adalah alat kebersihan masjid yang kurang memadai.”

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Melakukan Wawancara serta berdiskusi bersama remaja masjid. Melakukan Wawancara serta berdiskusi untuk melakukan kerja sama mengenai program KPM berupa menjaga kebersihan masjid bersama remaja masjid. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 90%. Kendala utamanya adalah hanya sebagian remaja masjid dusun tenggar saja.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Minum air kelapa muda dengan madu. Hari ini saya minum kelapa muda campur dengan madu karena ini adalah ramuan paling manjur untuk menurunkan panas. Saya menjalani obat jalan dengan mengkonsumsi obat dari dokter selain itu saya mengkonsumsi ramuan2 yang diracik oleh ibu saya. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 50%. Kendala utamanya adalah masih sakit belum bisa kembali ke pondok untuk menjalankan KPM.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Sowan kepada pak lurah di Balai Desa Ngrayun dan juga Bersih-bersih mushola. Sowan kepada pak lurah diBalai Desa Ngrayun untuk menanyakan aset serta menggali aset yang guna dikembangkan dan juga bisa bermanfaat di lingkungan masyarakat pada pukul 09.00 s.d. 11.00. Mengecek alat kebersihan serta bersih-bersih mushola dan juga merapikan mukena dan sajadah pada pukul 13.00-15.00. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Alat kebersihan yang kurang memadai.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Sowan ndalem. Sowan ndalem, membicarakan kegiatan KPM dan minta arahan dari dalem tentang kegiatan yang akan dilaksanakan mendatang selama satu bulan dan acara khataman. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Meminta doa sekaligus izin untuk melakukan kpm di pondok al hasan. Kami sebagai santri seyogyanya ketika ingin mengadakan segala kegiatan di pondok untuk meminta doa sekaligus izin kepada bapak pengasuh dan ibu nyai sekaligus meminta nasehat agar semua kegiatan bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang di harapkan. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%.

SAIFUL BAHRI (201180432) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Berkunjung dan penyetoran Surat Izin KPM di Ds. Mojorejo – Jetis – Ponorogo. Berkunjung dan penyetoran Surat Izin KPM di Ds. Mojorejo – Jetis – Ponorogo pada pukul 09.15-10. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Susahnya menghubungi kepala desa Mojorejo Jetis Ponorogo.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah 1. Pembukaan KPM di Pondok Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. 2. Pembukaan TPQ Al Barokah. 1. Pembukaan KPM di Pondok Al Barokah di laksanakan pada tanggal 6 Juli Pukul 09.00 sampai 10.00 dengan ptotokol kesehatan yang ketat dan diikuti seluruh peserta KPM DDR dengan jumlah peserta 44 mahasiswa dengan beragam jurusan, yang dibukak langsung oleh pengasuh pondok dan pengurus pondok. 2. Kegiatan TPQ Al Barokah hari ini 6 juli dilaksanakan pembukaan yang dilaksanakan pukul 15.00 dilanjut dengan pemantauan kemampuan santri sampai dimana, untuk jumlah peserta KPM sejumlah 15 mahasiswa dan jumlah santri 21 orang yang kesemua santrinya berumur 5-10 tahun yang bertempat tinggal di sekitar pondok. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 90%. Kendala utamanya adalah 1. Ada pemadaman listrik dari PLN sehingga harus menggunakan jenset sehingga mengurahi kehikmatan dalam pembukaan. 2. Belum maksimalnya mengkondisikan anak di waktu selesai mengaji.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Koordinasi dengan pemuda / remaja sekitar masjid, yang di dampingi langsung oleh ketua karang taruna. Kegiatan ini merupakan kegiatan awal sekaligus perkenalan diri dengan masyarakat sekitar. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Di awal belum ada kendala.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Memberikan surat izin kepada kepada kepala desa mengenai KPM DDR. Bertamu kepada pemilik UKM bekatul untuk kesehatan dan takmir mushola. Pukul 09.30 kegiatan KPM DDR yang saya lakukan yaitu memberikan surat izin kepada kepala desa mengenai KPM DDR. Selain itu juga wawancara mengenai aset desa dan kegiatan apa yang akan saya lahkuhkan. Kemudian pada pukul 19.15 bertamu kepada pemilik UKM bekatul untuk kesehatan, wawancara mengenai aset tersebut. Yang dikeluhkan oleh pemilik UKM tersebut yaitu belum bisa memasarkan secara luas, dan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui khasiat bekatul untuk kesehatan. Selain bertamu kepada pemilik UKM bekatul, juga izin untuk membersihkan masjid kepada takmir mushola Baitul Mukhlisin yang mana takmir mushola tersebut suami dari pemilik dari UKM bekatul. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 1. Kendala utamanya adalah waktu terbatas, sehingga tidak sempat menanyakan hal banyak kepada kepada desa karena ada acara diluar.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Giat Kepramukaan. hari ini awal pengenalan lebih mendalam kepada para peserta didik penggalang terlebih dahulu. di mulai pada pukul 15.30 smpai 16.45, dilaksanakan setelah kegiatam KBM sekolah. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 30%. Kendala utamanya adalah karena awal dimulainya maka para peserta didik masih dalam proses adaptasi karena ini merupakan jam tambahan.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Silaturahmi ke tempat pengurus mushola Hidayatul Mubtadi’in dan survey ke tempat UMKM makanan ringan. Survey ke tempat UMKM makanan ringan atau snak pada pukul 10.00-12.00. Menurut pemiliknya, usahanya ini mengalami penurunan akibat adanya covid-19, pesenan dari orang-orang tidak sebanyak dulu sebelum virus corona menyerang. karena, dari pihak pemerintah menetapkan bahwa masyarakat tidak diperbolehkan membuat acara besar yang menimbulkan kerumunan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Hari ini, bertepatan ada orang yang memesan snak untuk acara yasinan meskipun 1 macam. Mendampingi dan sedikit membantu membukus jajan tersebut. Disamping itu, pemilik usaha ini menambah usaha baru yaitu menjual seafood and frozen food yang rencananya di mulai hari ini. Membantu dalam pemasangan baner untuk membuka usaha baru yaitu seafood dan frozen food tersebut. Pada pukul 16.30-17.10 pergi silaturahmi ke tempat pengurus mushola Hidayatul Mubtadi’in. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 90%. Kendala utamanya adalah Jalannya rusak dan banyaknya keluar masuk truk dam yang akhirnya membuat kemacetan jalan sehingga memakan waktu yang cukup lama.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Pembuatan Gudang Kaligrafi. Ikut serta dalam pembuatan Gudang Kaligrafi di Pondok Pesantren Darul Huda Mayak. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 50%. Kendala utamanya adalah Kurangnya bahan matrial dalam proses pembuatan Gudang.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Pembukaan KPM DDR dengan kepala desa serta permohonan izin dengan kepala desa Belotan untuk melakukan KPM di Desa setempat, dan silaturahmi dengan salah satu takmir mushola sekaligus ustadz. Kegiatan pada hari ini melakukan pembukaan KPM DDR serta meminta izin kepada kepala desa Belotan untuk melakukan aktivitas kegiatan KPM di desa setempat, yang dilakukan di kantor desa Belotan, dimulai pukul 09.30-10.30. Selanjutnya melakukan silaturahmi dengan takmir disalah satu mushola setempat sekaligus ustadz yang mengajar Ngaji santri di mushola Ar-Rohimun, yang dimulai pukul 13.00-14.00. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Ketepatan waktu yang disepakati dengan kepala desa sedikit terlambat.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Silaturahmi dan pengantaran surat izin permohonan untuk KPMDDR di kantor kepala desa Jetis Ponorogo. Melakukan silaturahmi kepada tokoh masyarakat dan mengantarkan surat izin ke kantor Desa Mojorejo pada pukul 09.15-10.30. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 85%. Kendala utamanya adalah Susahnya menghubungi/bertemu kepala desa Mojerejo Jetis ponorogo.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Pendampingan dan Bimbingan Belajar kepada anak-anak disekitar lingkungan rumah. Pembelajaran Daring/ Online merupakan suatu hal yang baru didesa kami, hal itu menjadi tantangan serta pendidikan baru khususnya untuk anak Sekolah Dasar. Banyak kerisauan yang mereka alami seperti jaringan sinyal yang sulit serta kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh gurunya. Oleh sebab itu, saya berinisiatif untuk melakukan pendampingan serta bimbingan belajar bagi mereka yang membutuhkan, khususnya bagi anak-anak SD. Kami melakukan kegiatan ini mulai pukul 09.00-11.00. Saya berharap dengan adanya bimbingan belajar ini dapat membantu mereka dalam memahami materi pelajaran. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 50%. Kendala utamanya adalah kurangnya sumber belajar berupa Buku yang mencakup segala aspek bidang.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Meminta izin kepada kepala desa Belotan untuk melakukan KPM DDR 2021 di desa setempat dan melakukan silaturahmi dengan salah satu takmir sekaligus pendiri juga pengajar TPA di mushola Ar Rohimun Belotan. Pada pukul 09.30-10.30 WIB saya dan teman sekelompok KPM DDR 2021 meminta izin kepada kepala desa Belotan untuk melakukan KPM DDR 2021 di desa setempat. Kegiatan selanjutnya dilakukan pada pukul 13.00-14.00 yaitu melakukan silaturahmi beserta meminta izin dengan pendiri sekaligus takmir TPA di mushola Ar Rohimun Belotan. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 100%. Kendala utamanya adalah Adanya sedikit kekurangan dalam disiplin waktu menyebabkan adanya keterlambatan dengan waktu yang telah disepakati

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Mengikuti kegiatan bersama warga/ibu-ibu pengelola wisata baru. Meminta izin atau sowan kerumah bapak RT (08.30-09.30). Membantu pengelola wisata wanita mengisi tanah ke polybag (09.45-11.30). Membantu warga mencabuti rumput atau matun bawang merah (14.00-15.30). Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 99%. Kendala utamanya adalah Sulit menemui perangkat desa yang lain, khususnya yang bertanggung jawab atas wisata dan tanaman sayuran.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Berkunjung ke lokasi KPM tepatbya di Rumah Mbk Pon Jalan Menur Gang V, Ronowijayan, Siman, Ponorogo. Berkunjung ke rumah nya Mbk Pon selaku pemilik usaha pada jam 09:15-11:45, selain berkunjung juga ikut membantu menata adonan kerupuk yang sudah di potong sembari mengobrol mengenai seluk- beluk usaha ini. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 98%. Kendala utamanya adalah dalam proses penjemuran kerupuk di butuhkan sinar matahari yang cukup terik dan cuaca terkadang tidak stabil.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilakukan pada hari kedua KPM DDR adalah Meminta izin ke kepala desa untuk melakukan kpm di rumah. Meminta izin kepala desa, mematuhi tata tertib yang diberikan oleh kepala desa. Persentase ketercapaian tujuan KPM sebesar 80%. Kendala utamanya adalah Tidak bisa berkunjung dengan waktu yang lama di kepala desa karena musim ppkm.

#1 – Semangat Mengabdi di Tengah Pandemi

Ponorogo, 5 Juli 2021. Sah, berangkat. Seluruh mahasiswa peserta KPM DDR secara resmi diberangkatkan oleh Rektor IAIN Ponorogo, tidak terkecuali kelompok 52. Sebagai upaya pencegahan meluasnya wabah Covid-19, prosesi pemberangkatan dilaksanakan secara daring. Masing-masing mengikuti pemberangkatan melalui ganget atau laptop. Dari tempat yang berbeda. Dengan cerita yang berbeda. Ada yang sehat dan ada yang sakit. Ada yang dari rumah dan ada yang dari pondok. Ada yang dari kota dan ada yang dari desa. Ada yang didukung dengan sinyal internet baik dan ada yang susah mengakses internet. Itulah secuil cerita prosesi pemberangkatan KPM yang dirasakan oleh para mahasiswa kelompok 52.

Berikut ini adalah catatan aktivitas masing-masing mahasiswa pada hari pertama pelaksanaan KPM DDR kelompok 52.

RIFQI KURNIA ASYARI (201180422) – Pendidikan Agama Islam      

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembekalan dan pelepasan peserta KPM DDR dan diskusi kelompok 52. Pengarahan dan pelepasan dari bapak ketua LPPM serta ibu rektor IAIN Ponorogo kepada peserta KPM DDR 2021 agar bisa melaksanakan kegiatan dengan baik serta mematuhi protokol kesehatan. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 80%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Terkendala oleh jaringan dari setiap mahasiswa yang berada di daerah pelosok.

RIMA NUR EKAWATI (201180423) – Pendidikan Agama Islam        

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah pemberangkatan KPM DDR dan rapat koordinasi kelompok 52 dengan dpl. “1. menyimak jalanya pembukaan secara resmi pada pukul 09.00-10.15 wib oleh rektor iain ponorogo. 2. dilanjutkan rapat koordinasi kelompok 52 dengan dpl pada pukul 10.30-11.00. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah mati lampu di daerah pedesaan yang kadang mempengaruhi jaringan

RINA FEBI ADIATI (201180424) – Pendidikan Agama Islam              

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah 1. Mengikuti pembukaan dan pembekalan resmi KPM-DDR oleh Rektor. 2. Koordinasi kelompok oleh DPL. 1. Mengikuti pembukaan dan pembekalan resmi KPM-DDR oleh Rektor IAIN Ponorogo pukul 09.00-10.15 2. Koordinasi kelompok oleh DPL pukul 10.20-11.00. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 90%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Kendala jaringan.

RITA (201180425) – Pendidikan Agama Islam       

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Upacara pembukaan kuliah pengabdian masyarakat daring dari rumah (KPMDDR) pukul 09.00-10.15. Upacara pembukaan kuliah pengabdian masyarakat daring dari rumah (KPMDDR) oleh rektor IAIN Ponorogo ibu Evi mu’afiah mulai pukul 09.00-10.15 WIB. Yang laksanakan secara daring atau online dan dihadiri oleh 1000 lebih mahasiswa IAIN Ponorogo. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 50%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Mati listrik dan sinyal tidak stabil

RIZQI DIYANITA RAHAYUNINGTYAS (201180426) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan KPM DDR serta pembekalan dari DPL. Pembukaan KPM DDR yang diikuti seluruh peserta secara serentak dengan menggunakan zoom meeting maupun life streaming di YouTube. Setelah selesai mengikuti zoom tersebut. Kelompok 52 melakukan zoom meeting dengan DPL untuk menyimak dan mendapatkan pembekalan KPM DDR yang telah resmi di mulai. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 95%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Kuota penuh sehingga kami hanya bisa menyimak di YouTube saja.

RO`IKHATUL ZANAH (201180427) – Pendidikan Agama Islam        

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Berbaring ditempat tidur.  Saya berbaring ditempat tidur karena hari ini saya sedang sakit dan demam tinggi. Saya pulang dari pondok dan dirawat jalan dirumah. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 50%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Saya sudah tentu sembuh apa belum saat kegiatan kpm di pondok berlangsung.

ROHMA DINATA (201180428) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Upacara pembukaan KPMDDR dan rapat Koordinasi Kelompok 52. Mengikuti upacara pembukaan bersama Rektor IAIN Ponorogo mulai pukul 09.00 s.d 10.15 dan juga pembukaan KPMDDR bersama kelompok 52 pukul 10.20 s.d 11.00. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 50%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Dikarenakan mati listrik dan menjadikan jaringan sinyal yang trobel sehingga tidak bisa mengikuti pembukaan bersama kelompok 52.

ROHMAT SYAIFULLOH ASHOODIQ (201180429) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembekalan dari kampus. Pembukaan dan pembekalan dari kampus pembacaan tata tertib   Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 90%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Signal dan smartphone.

RONI SUSANTO (201180430) – Pendidikan Agama Islam 

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan KPM DDR bersama rektor. Bimbingan bersama dpl. Pengarahan tentang tugas yang harus di lakukan minggu ini. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan kurang stabil.

SAIFUL BAHRI (201180423) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Mengikuti kegiatan pembekalan dan pembukaan KPM Koordinasi kelompok oleh DPL. 1. Mengikuti pembukaan dan pembekalan resmi KPM-DDR oleh Rektor IAIN Ponorogo pukul 09.00-10.15. 2. Koordinasi kelompok oleh DPL pukul 10.20-11.00. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 90%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Sinyal.

SAIFUL IHWAN (201180433) – Pendidikan Agama Islam   

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembelakan KPM DDR. Mengikuti pembukaan dan pembekalan KPM DDR dari LPPM IAIN PONOROGO mulai pukul 09.00-10.00          Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%.     Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan internet.

SAIFULLOH (201180434) – Pendidikan Agama Islam          

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan KPM DDR Oleh Rektor IAIN Ponorogo. Mengikuti kegiatan pembukaan secara daring/online dengan media zoom meeting. Dan Dilanjutkan Pembekalan oleh DPL kelompok 52 KPM DDR. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan internet yang kadang hilang.

SALSABIELA DINY ZAHIRA (201180435) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Mengikuti pembukaan KPM DDR 2021. Mengikuti arahan dari DPL mengenai teknis pelaksanaan KPM DDR. Mengikuti pembukaan KPM DDR dan mendengarkan arahan dari ibu rektor mengenai pelaksanaan KPM DDR 2021 dari pukul 09.00 sampai selesai melalui zoom meeting. Kemudian mengikuti arahan teknis pelaksanaan KPM DDR dan pengisian loogbook dari DPL melalui Google meet dari pukul 10.25 sampai selesai.  Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Sinyal terkadang tersendat.

SALSABILA FATIMA (201180436) – Pendidikan Agama Islam          

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pemberangkatan KPM DDR dan Rapat Koordinasi kelompok 52. Mengikuti pembekalan secara resmi oleh Rektor IAIN PONOROGO mulai pukul 09.00 s. d 10.15 WIB , Selanjutnya mengikuti rapat dengan DPL kelompok 52 pada pukul 10.20 s.d 11.00 WIB. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Banyak mahasiswa peserta KPM DDR yang jaringan internetnya kurang stabil.

SEPTA ANGGY HAYUNINGTYAS (201180438) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Mengikuti pembekalan KPM-DDR. Mengikuti pembekalan koordinasi dengan DPL Silaturahmi ke ketua RT/Re 003/01 Dusun Nglogung Semanding. Mengikuti pembukaan KPM-DDR secara virtual melalui YouTube pukul 09.00-10.15. Mengikuti pembekalan koordinasi dengan DPL secara virtual melalui google meet pukul 10.20. Silaturahmi dan mengantarkan surat pemberitahuan serta surat permohonan izin melaksanakan KPM ke ketua RT/RW 003/01 Nglogung Semanding. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan internet terganggu.

SETIAWAN (201180439) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Ucapan Pembukaan KPM-DDR 2021. Rapat program kerja kelompok 52. Mengikuti kegiatan Upacara pembukaan KPM-DDR 2021, serta mengikuti rapat program kerja bersama DPL kelompok 52. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan Internet yang kurang baik.

SHERLI YUNIA SAPUTRI (201180440) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pemberangkatan peserta KPM DDR dan diskusi koordinasi kelompok 52. Mengikuti pembekalan pembukaan KPM DDR 2021 oleh Rektor IAIN Ponorogo yang dimulai pukul 09.00-10.15 WIB. Selanjutnya mengikuti diskusi koordinasi secara online dengan DPL kelompok 52 yang dimulai pukul 10.20- 11.00 WIB. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Kurangnya stabilitas jaringan.

SIGIT NURFAUZI (201180441) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan KPM resmi oleh rektor IAIN PONOROGO dan Koordinasi oleh DPL. 1. Mengikuti pembukaan dan pembekalan resmi KPM-DDR oleh Rektor IAIN Ponorogo pukul 09.00-10.15. 2. Koordinasi kelompok oleh DPL pukul 10.20-11.00. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 90%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Sinyal kurang stabil.

SITI KOMARIAH (201180443) – Pendidikan Agama Islam 

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan KPM DDR dan Rapat koordinas dengan DPL Kelompok 52. Mengikuti pembekalan serta pembukaan KPM DDR oleh Rektor IAIN Ponorogo melalui live streaming You Tube mulai pukul 09.00-10.19. Dan dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan DPL Kelompok 53 mulai pukul 10.20-11.00 WIB. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 75%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan sinyal yang susah.

SITI MAGFIRATUL SHALEKHAH (201180444) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan KPM DDR 2021 dan rapat dengan DPL kelompok 52. Mengikuti pembukaan KPM DDR 2021 oleh rektor IAIN Ponorogo dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.15 WIB. Rapat dengan DPL koordinasi mulai pukul 10.20 WIB sampai pukul 11.00 WIB. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 100%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan yang kurang stabil.

SITI SYAROH (201180445) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Upacara Pemberangkatan KPM-DDR 2021 dan Koordinasi kelompok 52 bersama DPL. Mengikuti upacara pembukaan resmi KPM-DDR oleh rektor IAIN PONOROGO (09.00-10.15). Koordinasi kelompok 52 oleh DPL (10.20-11.00). Membantu dan mengikuti kegiatan vaksinasi dibalai desa (13.00-14.30). Mengaji bersama beberapa anak (18.00-18.45). Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 75%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Kurang berjalan maksimal karena keadaan.

SOFIA ZUBAIDAH (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembekalan KPM serentak oleh LPPM, dilanjut pengoordinasian kegiatan kelompok KPM 52 oleh DPL. Mengikuti pembekalan KPM serentak yang di lakukan oleh lembaga LPPM IAIN Ponorogo dar jam 09:15- 10:20, dilanjut pengoordinasian kegiatan kelompok KPM 52 oleh DPL dari jam 10:25-11-00. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 98%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Internet ngadat.

SOLEAH (201180446) – Pendidikan Agama Islam

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan dan Pembekalan KPM DDR 2021. Menjelaskan tentang pelaksanaan KPM DDR 2021. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 40%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Adanya KPM DDR secara online daring dirumah, tidak adanya signal harus wifi an atau beli voucher wifi setiap harinya, Belum sepenuhnya paham dari penjelasan kemarin mengenai pembekalan KPM DDR.

SUCI SULISTIANINGRUM (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama KPM adalah Pembukaan Kpm DDR IAIN THN 2021. Meeting bersama dengan dpl melalui g- meet. Menyimak proses pembukaan KPM DDR, menyimak kegiatan meeting bersama dpl. Persentase ketercapaian pelaksanaan kegiatan pada hari pertama ini sebesar 95%. Kendala utama pelaksanaan aktivitas KPM pada hari pertama ini adalah Jaringan yang susah.

Sebaran Lokasi KPM-DDR Kelompok 52

Setelah melalui pertimbangan matang dan panjang, sebanyak 24 mahasiswa peserta KPM DDR Kelompok 52 telah menentukan lokasi pengabdiannya. Berikut adalah daftar lokasi pengabdian masing-masing mahasiswa.

Rifqi Kurnia Asy’Ari (201180422) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Pptq al hasan jl parang menang no 32 lingkungan batikan kelurahan Patihan wetan kecamatan babadan kabupaten Ponorogo Jawa timur

Rima Nur Ekawati (201180423) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Krajan, Desa Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, provinsi Jawa Timur

Rina Febi Adiati (201180424) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dsn. Bantengan, Ds. Mojorejo, Kec. Jetis, Kab. Ponorogo, Jawa timur.

Rita (201180425) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Krajan, Desa Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur

Rizqi Diyanita Rahayuningtyas (201180426) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Tenggar, Dukuh Jeruk, Desa Sayutan, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur

Rohma Dinata (201180428) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Krajan, Desa Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, provinsi Jawa Timur

Rohmat Syaifulloh Ashoodiq (201180429) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : PPTQ Al Hasan Jl parang menang, Patihan wetan, babadan, Ponorogo, Jawa Timur.

Ro’Ikhatul Zanah (201180427) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hasan (Patihan Wetan, Babadan, Ponorogo)

Roni Susanto (201180430) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Pptq Al_Hasan patihan wetan, babadan, ponorogo

Saiful Bahri (201180432) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Bantengan, Desa Mojorejo, Kec. Jetis, Kab. Ponorogo, Provinsi Jawa Timur.

Saiful Ihwan (201180433) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Pondok Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo

Saifulloh (201180434) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : SMKN 1 Badegan Dusun nglambong, Ds. Badegan, Kab. Ponorogo, Jawa Timur

Salsabiela Diny Zahira (201180435) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Bareng, desa Bareng, kec Babadan kab Ponorogo provinsi Jawa Timur

Salsabila Fatima (201180436) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Pondok Pesantren Al iman Putri Babadan Ponorogo

Septa Anggy Hayuningtyas (201180438) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Nglogung Desa Semanding Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur

Setiawan (201180439) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Mayak, Tonatan, Ponorogo, Jawa Timur

Sherli Yunia Saputri (201180440) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dsn II,dk Watu Pelen,DS, Belotan, kab.Magetan prov. Jawa Timur

Sigit Nurfauzi (201180441) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dsn. Bantengan, Ds. Mojorejo, Kec. Jetis, Kab. Ponorogo, Jawa timur.

Siti Komariah (201180443) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Kepel, RT/02 RW/02, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur

Siti Magfiratul Shalekhah (201180444) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun II, Desa Belotan, Dukuh Watupelen, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur

Siti Syaroh (201180445) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dukuh. Ngecek-Ecek, Desa. Bareng, Kecamatan. Pudak, Kabupaten. Ponorogo, Provinsi. Jawa Timur Indonesia.

Sofia Zubaidah (208180075) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Lokasi KPM DDR : jalan Menur Gang V No 15 A,Ronowijayan, siman,Ponorogo

Soleah (201180446) – Pendidikan Agama Islam
Lokasi KPM DDR : Dusun Gunungsari Rt07/ Rw01 Kedungwadas Kecamatan. Bantarsari Kabupaten. Cilacap Provinsi Jawa Tengah

Suci Sulistianingrum (208180076) – Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Lokasi KPM DDR : Setinggil, Demangan , kec taman Madiun Jawa timur

Development of an online mathematical misconception instrument

Tulisan kedua yang terbit di Journal of Physics: Conference Series ini tergolong cepat. Setelah sebelumnya sudah di diseminasikan pada The 2nd International Seminar on Applied Mathematics and Mathematics Education (2nd ISAMME) 2020 5 August 2020, Cimahi, Indonesia.

Miskonsepsi merupakan salah satu fenomena yang sering terjadi dalam bidang ilmu pengetahuan, termasuk matematika. Untuk mencari solusi, perlu dilakukan diagnosa terhadap miskonsepsi pada konsep dasar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes miskonsepsi diagnostik online.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Ada lima tahapan penelitian, yaitu: menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Pembuktian validitas dilakukan dengan menggunakan indeks Aiken dengan melibatkan lima ahli judgement.

Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen tersebut memiliki validitas isi yang tinggi. Begitu juga dengan hasil uji coba instrumen menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan valid dan reliabel. Hasil ini menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan dapat digunakan untuk tes diagnostik miskonsepsi konsep dasar matematika. Instrumen tersebut dapat digunakan untuk mendiagnosis miskonsepsi di kalangan siswa, siswa, guru dan masyarakat lainnya.

Silakan simak artikel lebih lengkap di sini

Study in statistics: motivation, independence, and learning achievement

Setelah menunggu selama hampir satu tahun, artikel ini telah terbit di Journal of Physics: Conference SeriesVolume 1613. Artikel sederhana yang mengupas tentang motivasi, kemandirian, dan prestasi belajar statistika ini sebelumnya sudah dipresentasikan pada Ahmad Dahlan International Conference on Mathematics and Mathematics Education (ADINTERCOMME) yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 November 2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan kombinasi blended learning dan problem based learning dalam meningkatkan motivasi, kemandirian, dan prestasi belajar statistika mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilakukan pada mahasiswa IAIN Ponorogo. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, tes kemandirian belajar, dan angket motivasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan MANOVA dan dilanjutkan dengan Uji Bonferroni. Hasil uji MANOVA diperoleh signifikansi sebesar 0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa kombinasi blended learning dan problem based learning lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, kemandirian, dan prestasi belajar statistika dibandingkan blended learning dan problem based learning.

Secara spesifik metode kombinasi lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa daripada blended learning dan problem based learning. Pada aspek peningkatan kemandirian belajar mahasiswa, metode kombinasi memiliki efektivitas yang sama dengan pembelajaran berbasis masalah. Keduanya lebih efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa daripada blended learning. Sedangkan pada aspek prestasi belajar metode kombinasi lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar statistika mahasiswa dibandingkan dengan blended learning dan problem based learning.

Pengunjung budiman dapat unduh artikel lengkap di sini. Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan

Pembelajaran tidaklah selalu diartikan sebagai sesuatu yang statis melainkan suatu konsep fleksibel yang berkembang dan mengikuti tuntutan pendidikan juga kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melekat pada wujud pengembangan sumber daya manusia.

Di Indonesia dunia pendidikan semakin mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini terlihat dari semakin beragamnya metode pembelajaran yang digunakan. Metode yang digunakan banyak memanfaatkan berbagai media untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Media pembelajaran yang saat ini digunakan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dinamika teknologi saat ini mencapai akselerasi yang luar biasa. Teknologi yang dipelajari beberapa tahun yang sudah lalu mulai tergantikan dengan teknologi yang baru termasuk berbagai cara.

Dapatkan buku ini secara lengkap di sini. Apabila para pengunjung budiman berkenan mengutip tulisan ini, silakan klik di sini. Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Platform Asesmen untuk Pembelajaran Daring

Gotong royong. Eka sila yang dirumuskan Soekarno menginspirasi lahirnya buku ini. Sepuluh dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, bergotong-royong menulis buku ini.

Buku ini mencoba memberikan solusi asesmen pembelajaran daring yang menjadi solusi ditengah wabah Covid-19. Berbagai teori tentang asesmen dikupas dengan sangat rinci. Kelebihan buku ini, selain mengupas secara teoretik, juga dilengkapi dengan praktik asesmen pembelajaran daring dengan menggunakan berbagai platform.

Dengan adanya buku ini, diharapkan para pendidik dapat mengetahui bagaimana konsep dan teori asesmen, hingga cara serta prosedur menggunakan platform asesmen dalam pembelajaran daring.

Dapatkan buku lengkap di sini. Apabila para pengunjung budiman berkenan mengutip karya ini, silakan klik di sini. Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Arah Baru Pembelajaran di Era Konormalan Baru

Hingga bulan September 2020, wabah Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Justru menunjukkan tren yang semakin meningkat. Bahkan, tercatat pada tanggal 19 September 2020 menyentuh angka penambahan yang mencapai 4.168 tambahan kasus baru (Kompas.com). Seluruh kota besar di Indonesia telah menunjukkan kasus positif Covid-19.

Tren penyebaran Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir, tentu berdampak pada berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Baik pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tinggi. Tri dharma perguruan dipaksa Covid-19 harus berubah, beradaptasi, dan bertransformasi. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian harus dibawa ke dunia maya, menggunakan berbagai platform yang juga mulai menjamur.

Dampak Covid-19 sangat terasa pada bidang pembelajaran. Pembelajaran yang semua dilaksanakan secara luring (luar jaringan) atau blended learning, harus dilakukan secara daring (dalam jaringan). Demikian juga pada pendidikan tinggi, pembelajaran harus dilaksanakan secara online. Penetapan pelaksanaan pembelajaran daring pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021 dilakukan melalui keputusan bersama Menteri Pendidikan, Menteri Agama, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Kesehatan.

Lantas bagaimana sebaiknya pembelajaran daring pada perguruan tinggi dilakukan? Silakan simak catatan sederhana saya yang berupaya mengulas pembelajaran daring di era pola hidup baru (new normal) pada perguruan tinggi yang tertuang dalam buku antologi dengan judul “Pendidikan Tinggi di Masa Pandemi: Transformasi, Adaptasi, dan Metamorfosis Menyongsong New Normal”. Dapatkan buku lengkap di sini. Apabila para pengunjung cerdik cendekia semua berkenan mengutip tulisan saya, silakan klik di sini.

Selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Menyambut Society 5.0 Melalui Blended Learning

Alhamdulillah, satu lagi tulisan yang berawal dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah terbit pada jurnal terakreditasi Sinta 3. Artikel yang telah terbit ini bercerita tentang pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan blended learning. Hadirnya revolusi industri 4.0 dan society 5.0 menjadi inspirasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mempersiapkan sejak dini, agar para guru dan siswa tidak mampu bersaing dan menangkap peluang di masa yang akan datang.

Pendekatan yang digunakan pada kegiatan ini adalah participatory action research (PAR) dengan subjek dampingan yang menjadi mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Madrasah Aliyah Al-Ishlah Bungkal, Ponorogo. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu identifikasi masalah, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi pelaksanaan.

Hasil pelaksanaan kegiatan ini adalah pemahaman peserta yang tinggi terhadap materi yang disajikan, baik tentang revolusi industri 4.0, society 5.0, dan blended learning serta keterampilan peserta dalam menggunakan Google Classroom dalam pembelajaran. Indikator lain keberhasilan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah hasil evaluasi peserta terhadap pelaksanaan kegiatan. Sebagian besar peserta menyatakan bahwa kegiatan sangat baik, baik pada aspek sistematika materi, kesesuaian materi, alokasi waktu setiap materi, cara penyampaian materi, kesempatan mengajukan pertanyaan, interaksi narasumber dengan peserta seminar, kualitas materi yang disampaikan, relevansi materi dengan kebutuhan, maupun kemenarikan materi yang disampaikan.

Silakan baca artikel lebih lengkap di sini.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/aks.v4i2.3499
Selamat membaca. Semoga bermanfaat.